Jawa Pos

150 Ribu Surat Suara Rusak Akan Diganti

Targetkan sebelum Lebaran Selesai

-

SURABAYA – Di saat masa coblosan Pilgub Jatim 2018 tinggal 17 hari, KPU Jatim sedang mendapat PR krusial. Yakni soal temuan kerusakan serta kesalahan distribusi surat suara di hampir semua kabupaten/kota. Jumlahnya cukup banyak, lebih dari 150 ribu. Gara-gara itu pula KPU Jatim mempercepa­t proses pergantian. Bahkan, diproyeksi­kan tahapan sudah bisa dilakukan sebelum masa Lebaran.

Dari laporan yang diterima KPU Jatim, jenis-jenis kerusakan terkait surat suara hampir sama. Mulai adanya noda, surat suara yang robek, hingga hasil cetakan yang tak presisi. ”Saat ini seluruh surat suara itu sudah disimpan di KPU kabupaten/ kota,” kata Komisioner

KPU Jatim Khoirul Anam kemarin (9/6).

Meski waktu coblosan tinggal 17 hari, Anam memastikan bahwa problem tersebut bisa segera diatasi. Sebab, saat ini fase produksi surat suara pengganti sudah berlangsun­g. ”Untuk waktu pengiriman­nya, kami upayakan secepat-cepatnya,” ucap dia.

Bahkan, imbuh Anam, KPU Jatim menargetka­n distribusi surat suara pengganti sudah bisa dilakukan sebelum Lebaran. ”Prinsipnya, tak ada batas waktu. Kita berharap secepat mungkin,” ujarnya.

Lantas, mau diapakan surat suara yang sudah rusak itu? Anam menyebutka­n, semua logistik itu nanti dimusnahka­n KPU kabupaten/kota masingmasi­ng. ”Nanti disiapkan waktu khusus. Pemusnahan itu nanti melibatkan seluruh stakeholde­r. Termasuk perwakilan tim paslon,” jelas dia.

Berdasar laporan seluruh KPU kabupaten/kota, dari 30.909.059 lembar surat suara yang telah didistribu­sikan, jumlah surat suara yang rusak mencapai 150 ribu lembar. Selain itu, ternyata ada yang salah dalam distribusi surat suara di sejumlah kabupaten/ kota. Surat suara yang dikirim ternyata tidak sesuai dengan alokasi yang telah ditetapkan.

Di bagian lain, para kontestan pilgub Jatim kemarin kembali melanjutka­n safari. Misalnya yang dilakoni cawagub nomor urut 2 Puti Guntur Soekarno. Kemarin dia menyempatk­an diri mampir ke sebuah mal di kawasan Surabaya Selatan.

Dalam kesempatan itu, cawagub pendamping cagub Saifullah Yusuf tersebut berkelilin­g bersama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i. Di sana keduanya menyapa pengunjung yang hadir. Mereka juga ngabuburit bersama pengunjung.

Sementara itu, cawagub nomor urut 1 Emil Elestianto Dardak kemarin berkunjung ke kawasan Prigi, Trenggalek. Di sana pendamping cagub Khofifah Indar Parawansa tersebut menyapa para nelayan dan pedagang ikan. Selain menyerap aspirasi para pelaku usaha di kawasan itu, Emil membeberka­n sejumlah program di sektor perikanan.

 ?? TIM PEMENANGAN KHOFIFAH INDAR PARAWANSA-EMIL ELESTIANTO DARDAK FOR JAWA POS ?? KUNJUNGI NELAYAN: Cawagub nomor urut 1 Emil Elestianto Dardak (tengah) singgah di kawasan nelayan Prigi kemarin. Selain menyerap aspirasi, dia memaparkan sejumlah programnya di sektor perikanan.
TIM PEMENANGAN KHOFIFAH INDAR PARAWANSA-EMIL ELESTIANTO DARDAK FOR JAWA POS KUNJUNGI NELAYAN: Cawagub nomor urut 1 Emil Elestianto Dardak (tengah) singgah di kawasan nelayan Prigi kemarin. Selain menyerap aspirasi, dia memaparkan sejumlah programnya di sektor perikanan.
 ?? TIM PEMENANGAN SAIFULLAH YUSUF-PUTI GUNTUR SOEKARNO FOR JAWA POS ?? KELILING MAL: Cawagub nomor urut 2 Puti Guntur Soekarno (kiri) dalam acara ngabuburit di salah satu pusat perbelanja­an di kawasan Surabaya Selatan kemarin. Dia didampingi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i.
TIM PEMENANGAN SAIFULLAH YUSUF-PUTI GUNTUR SOEKARNO FOR JAWA POS KELILING MAL: Cawagub nomor urut 2 Puti Guntur Soekarno (kiri) dalam acara ngabuburit di salah satu pusat perbelanja­an di kawasan Surabaya Selatan kemarin. Dia didampingi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia