Jawa Pos

Inilah Reli Dakar-nya Sepeda!

Dari Ajang Gaes Titan Desert Race Ke-13 2018

-

Jika pernah bersepeda di atas pasir, Anda pasti tahu betapa menjengkel­kan dan beratnya mengayuh sepeda di permukaan tersebut. Sekarang, bayangkan Anda harus melakukann­ya dalam jarak ratusan kilometer plus dengan elevasi ribuan meter.

YA, itulah tantangan yang harus dihadapi para peserta Gaes Titan Desert Race ke-13 tahun ini. Mereka harus menaklukka­n beratnya tantangan bersepeda di padang pasir pegunungan Atlas, Maroko Utara. Maka, tidak heran, ajang itu disebut-sebut sebagai acara bersepeda paling sulit yang ada di muka bumi. Ini Reli Dakar-nya sepeda!

Total para peserta harus mengayuh sepeda sejauh 620 kilometer dengan total elevasi mencapai 7.500 meter. Tantangan yang harus mereka hadapi adalah tanjakan curam, jalanan yang terjal dan berdebu, plus panas menyengat khas padang pasir. Beruntung, rute perjalanan masih dibagi dalam enam etape. Ajang tersebut berlangsun­g sejak 29 April sampai 4 Mei lalu.

Sensasi petualanga­n makin nyata lantaran para pembalap harus bermalam di tengah padang pasir. Karena itu, mereka juga harus mempersiap­kan perbekalan yang cukup. Termasuk peralatan sepeda memadai untuk berjaga jika saja terjadi kerusakan.

Meski menyiksa, toh tetap banyak juga peserta yang ambil bagian. Total ada 610 pembalap yang bergabung. Itu tercatat menjadi peserta terbanyak dibandingk­an edisi-edisi sebelumnya. Dari semua itu, sebanyak 546 pembalap berhasil menjadi finisher.

Para pembalap dibagi dalam tujuh kategori. Lima di antaranya adalah untuk peserta putra, sedangkan sisanya putri. Lima kategori putra adalah under 23, elite, master 40, master 50, dan master 60. Sementara itu, dua kategori putri adalah women elite dan women master.

Cadel Evans menjadi salah satu nama besar yang ambil bagian tahun ini. Dia adalah mantan bintang balap sepeda asal Australia dan pemenang Tour de France 2011. Evans pensiun dari balapan profesiona­l pada Februari 2015. Sementara itu, Josep Betalu kembali menjadi jawara sektor putra tahun ini. Dahsyatnya, ini menjadi kali ketiga berturuttu­rut dia naik pada podium teratas sejak 2016.

Pembalap yang tergabung dalam Doctor Bike Team itu memimpin klasemen general classifica­tion dengan total catatan waktu 24 jam 2 menit 21 detik. Berada di urutan kedua dan ketiga adalah Ramon Sagues dari Primaflor (+19 menit 5 detik) dan Roberto Bau dari Tbelles Cannondale Gaes (+19 menit 31 detik).

”Saya mempelajar­i medan dengan sangat baik. Saya mencoba mengatur kekuatan sedemikian rupa,” ucap Betalu. ”Ini adalah petualanga­n yang terus membutuhka­n adaptasi. Dan saya melakukann­ya dengan sangat baik,” imbuh pembalap asal Spanyol berusia 40 tahun tersebut.

Dari sektor putri, pembalap The Team Garmin Ramona Gabriel menjadi juara dengan menyingkir­kan juara bertahan yang juga pesaing terdekatny­a, Anna Ramirez. Gabriel total membukukan catatan waktu 28 jam 33 menit 2 detik. Ramirez finis di belakangny­a dengan terpaut 4 menit 27 detik.

”Mengambil jarak lebih dari lima menit di etape pertama sangat menguntung­kan untuk saya. Bersaing dengan Anna selalu sangat berat,” ucap Gabriel dilansir situs resmi balapan Gaes Titan Desert Race.

Ini menjadi gelar kedua Gabriel. Satu trofi lain dia raih pada 2016. Saat itu dia baru pertama ambil bagian pada ajang ini. ”Sejak kali pertama turun, saya merasa langsung cocok dengan balapan ini,” ucap Gabriel. ”Sekarang saya selalu tertantang untuk menaklukka­n padang pasir setiap tahun,” tambah pembalap asal Spanyol tersebut.

 ?? FRANK FILE/AFP/ASO ?? BALAPAN GILA: The Gaes Titan Desert berlangsun­g sepanjang 620 kilometer selama enam hari. Race ini sebagian besar berlangsun­g di Pegunungan Atlas, Utara Maroko.
FRANK FILE/AFP/ASO BALAPAN GILA: The Gaes Titan Desert berlangsun­g sepanjang 620 kilometer selama enam hari. Race ini sebagian besar berlangsun­g di Pegunungan Atlas, Utara Maroko.
 ?? FRANK FILE/AFP/ASO ?? SUDAH
JADI TRADISI: Pembalap pada ajang The Gaes Titan Desert menaklukka­n total ketinggian mencapai 7.500 meter. Meski berlangsun­g selama enam hari, race ini tetap sangat berat dan menantang.
FRANK FILE/AFP/ASO SUDAH JADI TRADISI: Pembalap pada ajang The Gaes Titan Desert menaklukka­n total ketinggian mencapai 7.500 meter. Meski berlangsun­g selama enam hari, race ini tetap sangat berat dan menantang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia