Jawa Pos

Karena Kompak dan Dekat dengan Rumah

Samuel Reimas, Pemain Terbaik Mei

-

KALAH bersaing di Persebaya Surabaya, Samuel Reimas dipinjamka­n ke Perseru Serui. Ternyata, bersama klub berjuluk Kuda Laut Jingga itu, dia menunjukka­n performa yang dahsyat dan menjadi pemain terbaik Mei versi Jawa Pos dan Statoskop. Berikut wawancaran­ya dengan Jawa Pos.

Selamat. Kepada siapa penghargaa­n ini dipersemba­hkan?

Buat Tuhan yang selalu memberi kasih berkat dan kekuatan buat saya. Dan, pastinya keluarga yang selalu mendoakan saya dari rumah.

Musim lalu Anda hanya jadi kiper ketiga di klub Liga 2. Sekarang Anda bersaing dengan kiper top Liga 1. Apa rahasianya bisa bertransfo­rmasi secepat itu?

Sekali lagi, ini semua berkat karunia Tuhan, latihan, dan pantang menyerah. Harus mau lebih maju. Jadi, memotivasi diri sendiri. Yang lain bisa, kenapa saya tidak.

Sekarang Perseru menjadi tim yang paling minim kebobolan dan Anda kipernya. Menurut Anda, apa kunci solidnya pertahanan Perseru?

Komunikasi. Antara lini pertahanan dan kiper harus lancar. Tanpa mereka (lini pertahanan, Red), saya nggak bisa apa-apa. Jadi, harus punya komunikasi yang bagus dan kekompakan tim.

Talenta Papua itu dahsyat, melimpah. Mulai bek hingga striker, tapi minim kiper. Bagaimana menurut Anda soal itu?

Semua mungkin tahu talenta di Papua itu sangat banyak. Tapi, mereka tidak seberuntun­g yang di Jawa yang memiliki banyak sekolah sepak bola. Kebanyakan dilakukan secara otodidak. Dari bakat alam tanpa ada pelatih yang mendamping­i. Lalu, sekitar umur belasan baru dapat pelatihan yang bagus.

Oh ya, siapa pemain favorit Anda? Kenapa?

Iker Casillas. Dari kecil saya suka nonton Real Madrid. Saya suka gaya permainan dia.

Apakah status sebagai pemain pinjaman memberikan motivasi lebih kepada Anda untuk membuktika­n diri?

Iya, itu salah satunya. Sebab, dipinjamka­n, saya juga harus membuktika­n diri pantas diperhitun­gkan. Harus bisa berusaha lebih baik dari yang lalu. Mungkin yang kemarin masih kurang, sekarang harus bisa memperbaik­i.

Apa yang membuat Anda merasa nyaman di tim saat ini?

Pertama, mungkin dekat dengan rumah, sama-sama dari Papua. Kedua, kekompakan tim sangat kuat. Terutama rasa kekeluarga­annya. Selain itu, semua bermain dengan sepenuh hati, membuat saya merasa lebih baik.

Target musim ini bersama Perseru apa?

Bisa tetap bertahan (di Liga 1). Setidaknya berada di papan tengah.

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? PEMBUKTIAN: Kiper Perseru Samuel Reimas memamerkan trofi pemain terbaik Mei versi Persebaya.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS PEMBUKTIAN: Kiper Perseru Samuel Reimas memamerkan trofi pemain terbaik Mei versi Persebaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia