Jawa Pos

Pekerjaan Rumah Selama Jeda Lebaran

-

PERSIB Bandung hampir pasti bertandang melawan Persija Jakarta pada 30 Juni. Bertanding melawan rival abadi yang pastinya berjalan dalam tempo cepat dan tensi yang tinggi. Dengan target tiga angka, Maung Bandung mempersiap­kan diri untuk laga tersebut dengan keras.

Karena itu, sebelum meliburkan seluruh anak asuhnya pada 6 Juni, pelatih Persib Mario Gomez mengingatk­an anak asuhnya agar menjaga kondisi. Tetap dalam fisik 100 persen meski tidak berlatih selama sepekan mendatang.

Pelatih fisik Persib Yaya Sunarya menjelaska­n, Gomez meminta agar ketika latihan perdana pada 19 Juni anak asuhnya bisa siap dan tidak ada alasan fisiknya menurun karena liburan. ’’Dia (Gomez) ingin semua sudah siap. Tidak perlu adaptasi lagi dan memulai dari bawah,’’ ujarnya.

Karena itu, selama liburan Gomez memberikan pekerjaan rumah kepada Hariono dkk. PR-nya berupa tetap berlatih sendiri agar kondisi tubuh terjaga. Pola makan juga tidak boleh sembaranga­n agar berat badan tidak naik setelah liburan. ’’Semua yang ada di tim sudah profesiona­l, pasti sudah mengerti apa yang seharusnya dilakukan,’’ katanya.

Yaya mengatakan, awalnya jatah libur untuk pemain Persib lebih pendek. Jadi, setelah pulang away dari Medan pada 6 Juni, pemain diliburkan dan dikumpulka­n kembali pada 10 Juni. Tidak total sampai 19 Juni sebagaiman­a yang diberikan saat ini. ’’Ya inginnya kami sudah persiapan ketika tim lain liburan. Jadi menghadapi kompetisi sudah siap,’’ paparnya.

Namun, mengingat Persib bertanding di jadwal yang padat sejak Januari, keinginan tersebut dibatalkan. Gomez tidak mau pemainnya justru drop karena dipaksa bertanding dan berlatih dalam porsi yang banyak. ’’Dampaknya juga pasti buruk. Belum lagi kami akan bertanding di Piala Indonesia,’’ katanya.

Nah, Yaya berharap PR yang diberikan Gomez kepada pemain Persib benarbenar bisa dijalankan dengan baik. Dia tidak ingin timnya yang mengalami grafik menanjak harus turun akibat jeda libur Lebaran menjelang pertanding­an penting melawan Persija. ’’Pertanding­an itu sangat penting, jadi sudah tidak ada waktu untuk mainmain,’’ ungkapnya.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? PERSIAPAN: Pelatih Persib Mario Gomez meminta pasukannya tetap fit sepulang dari jeda Lebaran.
ANGGER BONDAN/JAWA POS PERSIAPAN: Pelatih Persib Mario Gomez meminta pasukannya tetap fit sepulang dari jeda Lebaran.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia