Jawa Pos

Tempuh 7.426 Kilometer di Fase Grup

-

FRANCO FODA

TAK banyak kontestan Piala Dunia 2018 yang ber-home base di Sochi. Hanya Brasil dan Portugal di grup E yang bermarkas di kota yang terletak di 1.359 kilometer arah selatan Moskow itu. Kenapa memilih Sochi? ’’Iklim Sochi cocok dengan pemain di skuad Brasil,’’ ujar Gregory Gregoriyev, manajer Swissotel Kamelia Sochi tempat Neymar dkk menginap, sebagaiman­a dilansir China Daily.

Dampaknya, armada Canarinho –julukan timnas Brasil– harus menempuh perjalanan lebih panjang di fase grup. Dalam tiga laga di grup E, anak buah Tite tersebut bertanding di tiga kota. Salah satunya, St Petersburg yang berjarak 1.925 kilometer dari Sochi. Itu saat mereka menghadapi Kosta Rika (22/6).

Dalam laga terakhir fase grup melawan Serbia di Moskow lima hari setelahnya (27/6), mereka harus menempuh perjalanan sejauh 1.360 kilometer. Jarak terpendekn­ya di laga pertama lawan Swiss. Laga itu berlangsun­g di Rostov yang berjarak 400 kilometer. Total, Brasil menempuh perjalanan 7.426 kilometer selama fase grup.

Meski begitu, Brasil bukan tim yang paling lelah di fase grup. Mereka masih kalah oleh Mesir di grup A. Mesir bahkan tercatat sebagai tim yang paling lelah di fase grup. Mereka memilih markas di Grozny. Total, tim asuhan Hector Cuper tersebut harus menempuh perjalanan sejauh 9.131 kilometer di fase grup. TITE

 ?? GERRY PENNY/EPA ?? ANCAMAN KELELAHAN: Pemain Brasil saat menjalani sesi latihan di London Jumat lalu (8/6).
GERRY PENNY/EPA ANCAMAN KELELAHAN: Pemain Brasil saat menjalani sesi latihan di London Jumat lalu (8/6).
 ?? GRAFIS BUDIONO/JAWA POS ?? 10
GRAFIS BUDIONO/JAWA POS 10
 ?? PETER POWELL/EPA ?? 21
PETER POWELL/EPA 21
 ??  ?? 18 7
18 7

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia