Jawa Pos

Pertarunga­n Raja dan Pangeran

-

PARIS – Final tunggal putra grand slam Prancis Terbuka malam nanti menyajikan duel terbaik di lapangan tanah liat. Sang raja Rafael Nadal bakal ditantang pangeranny­a sendiri, yakni Dominic Thiem. Thiem, 24, memang sering disebut sebagai penerus Nadal, 32, yang terkenal sebagai raja tanah liat. Laga tersebut akan menjadi pertemuan pertama keduanya di partai puncak ajang mayor.

Hingga kini, Nadal masih unggul head-to-head 6-3. ’’Dia tetap menjadi favorit juara melawan siapa pun,’’ ucap Thiem mengomenta­rai Nadal sebagaiman­a dilansir Mirror. ’’Tetapi, saya tahu apa yang harus saya lakukan saat menghadapi dia. Saya sudah punya rencana,’’ tambah pengumpul sepuluh titel ATP tersebut.

Nadal ke final dengan harapan mampu merebut titel Prancis Terbuka kesebelasn­ya sepanjang karir. Total, petenis kidal tersebut memiliki 16 trofi di ajang mayor. Di sisi lain, Thiem datang dengan mimpimeren­gkuhtrofig­randslam pertamanya sepanjang karir.

Meski jauh lebih berpengala­man, Nadal harus waspada. Thiem hingga saat ini merupakan satu-satunya petenis yang mampu menumbangk­an Nadal di lapangan tanah liat dalam dua tahun belakangan. Kali terakhir Nadal tumbang oleh Thiem adalah di final Madrid Masters tahun ini.

Rekor Nadal di lapangan tanah liat pada 2017 dan 2018 adalah 49-2. Satu kekalahan lain dialami Nadal saat menghadapi Thiem pada Perempat final Roma Masters 2017.

’’Saya tahu, saya harus mengeluark­an kemampuan terbaik setiap melawan dia (Thiem, Red),’’ ucap Nadal sebagaiman­a dilansir AFP. ’’Saya sedang merasa sangat siap. Semoga saya bisa mendapatka­n tujuan saya kali ini,’’ tambah Nadal.

 ?? BENOIT TESSIER/ REUTERS ?? PERCAYA DIRI: Rafael Nadal akan meladeni Dominic Thiem pada final Prancis Terbuka di Roland Garros, Paris, malam nanti WIB (10/6).
BENOIT TESSIER/ REUTERS PERCAYA DIRI: Rafael Nadal akan meladeni Dominic Thiem pada final Prancis Terbuka di Roland Garros, Paris, malam nanti WIB (10/6).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia