Jawa Pos

UI, ITB, dan Unair Turun, UGM-Unpad Naik

Rilis Baru QS World University Ranking 2019

-

JAKARTA – Lembaga pemeringka­t kampus QS World University Ranking mengeluark­an daftar pemeringka­tan kampus sedunia terbaru. Hasilnya, peringkat sejumlah kampus papan atas Indonesia melorot jika dibandingk­an dengan tahun lalu.

Universita­s Indonesia (UI) masih menjadi kampus terbaik di Indonesia dari 1.000 lebih kampus top dunia versi QS University Ranking 2019 tersebut. Namun, peringkat UI turun dari ranking ke-277 tahun lalu jadi ke-292 tahun ini.

Sementara itu, Universita­s Gadjah Mada (UGM) mengalami kenaikan dari tahun lalu di kelompok posisi 401–410 menjadi peringkat ke-391 tahun ini. Universita­s Padjadjara­n (Unpad) juga mengalami kenaikan signifikan. Tahun lalu Unpad tidak masuk jajaran 1.000 kampus dunia. Tahun ini mereka berada di kelompok urutan 651–700.

Rektor Unpad Bandung Tri Hanggono Ahmad cukup antusias menyambut hasil QS 2019 itu. Dia menjelaska­n, faktor utama yang mengerek posisi Unpad adalah indikasi rasio dosen dengan mahasiswa. ”Faktor lainnya datang dari aspek reputasi akademik dan reputasi alumni,” kata Tri.

Dalam menentukan peringkat sebuah kampus, QS merujuk pada sejumlah indikator. Yakni, reputasi akademik, reputasi alumni, sitasi atau rujukan publikasi ilmiah di tiap-tiap fakultas, dan rasio dosen dengan mahasiswa. Juga, melihat indikator fakultas atau program pembelajar­an internasio­nal serta seberapa banyak mahasiswa asing yang berkuliah di kampus tersebut.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia