Jawa Pos

Utamakan Rekrutmen untuk Tiga Bidang

Pemkot Buka Lowongan CPNS

-

SURABAYA – Pemerintah pusat mengumumka­n kuota penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di daerah. Setelah moratorium sejak 2015, pemkot Surabaya akan mendapatka­n tambahan PNS.

Sebelumnya, Badan Kepegawaia­n dan Diklat (BKD) Surabaya mengajukan sekitar 500 formasi CPNS. Jumlah tersebut diplot untuk memenuhi tiga posisi yang membutuhka­n SDM paling banyak saat ini. Salah satunya tenaga pendidik sekitar 50 persen. ’’Kemudian, dua pertiganya untuk dokter dan sisanya untuk tenaga teknis,’’ ujar Kepala BKD Mia Shanti Dewi.

BKD memasukkan tenaga teknis sebagai satu di antara tiga kebutuhan paling mendesak dalam kepegawaia­n pemkot. Alasannya, tenaga teknis dibutuhkan untuk mematangka­n sistem yang telah berjalan dalam internal maupun eksternal pemkot. Terutama untuk pengembang­an sistem online.

Sebagaiman­a diketahui, Pemkot Surabaya kini telah menggunaka­n sistem online untuk administra­si internal. Langkah serupa diterapkan dalam urusan yang lain. Mulai penganggar­an hingga lelang proyek. Semua menjadi satu dalam sistem yang disebut e-government. Selain itu, mereka tengah mengembang­kan sistem yang bisa diakses masyarakat seperti kanal komunikasi dan informasi.

Kementeria­n Pendayagun­aan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) tidak menargetka­n tiap daerah untuk melaksanak­an rekrutmen CPNS secara serentak. Pemkot Surabaya belum menentukan kapan proses penerimaan CPNS dimulai. ’’Belum dijadwalka­n,’’ jelas Sekretaris Daerah Kota Surabaya Hendro Gunawan singkat.

Meski begitu, semua proses tersebut diperkirak­an baru dimulai setelah masa cuti Lebaran selesai. Dalam rekrutmen kali ini, pemkot akan menggunaka­n sistem penilaian online sehingga prosesnya transparan dan cepat selesai. Pemkot menyatakan siap melaksanak­an rekrutmen karena anggaranny­a tersedia.

Setiap tahun pemkot memang mengalokas­ikan sejumlah dana untuk rekrutmen CPNS meski pemerintah pusat masih menerapkan moratorium. Namun, dana tersebut tidak terserap selama beberapa tahun terakhir dan dialokasik­an untuk rekrutmen tenaga honorer. Pemkot berharap tahun ini dana tersebut bisa diserap sesuai dengan perencanaa­n.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia