Jawa Pos

Terima Komplain Air di Libur Lebaran

Siagakan 109 Petugas Tiap Hari

-

SURABAYA – Kantor pusat PDAM Surya Sembada tutup selama libur Lebaran. Namun, pelayanan terkait keluhan air di 0800192666­6 tetap dibuka 24 jam. Sebanyak 109 personel satuan tugas (satgas) disiagakan setiap hari.

Para petugas itu direkrut PDAM awal tahun ini. Pada hari biasa jumlah petugas yang disiagakan lebih banyak. Namun, saat libur kali ini, jumlah 109 personel dirasa sudah cukup. Sebab, saat libur Lebaran, jumlah penduduk Surabaya berkurang drastis. Banyak yang mudik. Perkantora­n dan sekolah-sekolah juga tutup. ”Mereka rela tidak libur untuk melayani masyarakat,” kata Dirut PDAM Mujiaman Sukirno.

Dia menyebutka­n, libur Lebaran tahun ini cukup panjang. Karena itu, tidak boleh ada celah gangguan pada rumah-rumah pompa hingga sistem produksi di Instalasi Pengelolaa­n Air Minum (IPAM) Ngagel dan Karang Pilang.

Mujiaman mengajak seluruh manajer dan direktur untuk melakukan safari Ramadan di tempat-tempat itu dini hari kemarin (9/6). ”Pompa dan IPAM sudah dipastikan berfungsi maksimal. Sangat mungkin aliran air untuk Lebaran aman,” jelasnya.

Saat banyak yang mudik, konsumsi air bakal turun. Kapasitas produksi air yang mencapai 11 ribu liter per detik lebih dipastikan lebih dari cukup. Namun, pada libur Lebaran kali ini, beberapa wilayah belum bisa menikmati aliran air. Yakni, Kalilom di Kecamatan Kenjeran dan Sumberejo di Kecamatan Pakal.

Mujiaman menerangka­n, aliran air tak menyentuh daerah tersebut karena jauh dari IPAM. Karena itu, proyek rumah pompa dan reservoir dikebut. ”Kami upayakan lebih cepat sehingga mereka yang puluhan tahun tidak mendapat air bisa menikmati air tahun ini,” lanjut alumnus teknik Kimia Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) itu.

Menurut Mujiaman, PDAM sudah membangun reservoir dan rumah pompa di Osowilangu­n, Krembangan, dan Putat Gede. Namun, untuk Kalilom dan Sumberejo, reservoir yang dibutuhkan berada di Pegirian dan Made.

Manajer Humas PDAM Agus Subagyo menjelaska­n, pelayanan di kantor pusat PDAM tutup mulai Rabu (13/6). Pada 11 dan 12 Juni, pelayanan tetap buka tapi hanya sampai pukul 12.00. ”Buka lagi 21 Juni,” katanya.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? PANTAU KESIAPAN: Mujiaman Sukirno (tengah) dan para manajer PDAM mengecek kesiapan reservoir di Wonokitri.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS PANTAU KESIAPAN: Mujiaman Sukirno (tengah) dan para manajer PDAM mengecek kesiapan reservoir di Wonokitri.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia