Jawa Pos

Terarium yang Enggak Ribet

-

SURABAYA – Ivi Fitriana bukan pencinta tanaman. Di rumahnya juga tidak ada tanaman. Namun, saat melihat kaktus yang ditanam dengan menggunaka­n media terarium, dia langsung jatuh hati. Apalagi ketika mengetahui bahwa tanaman mungil berduri itu tidak membutuhka­n perawatan ekstra. Cukup disirami tiga minggu sekali. Itu pun tidak banyak. Hanya beberapa siraman.

’’Saya jadi suka tanaman kalau seperti ini. Nggak ribet,” tutur perempuan 25 tahun tersebut.

Ivi datang bersama dua temannya kemarin (9/6). Karyawan swasta itu mengikuti workshop pembuatan terarium yang diselengga­rakan Terarium Surabaya di halaman Food Junction Pakuwon, Tandes. Kurang dari 40 menit, Ivi dan teman-temannya berhasil merangkai kaktus dalam gelas kaca dengan cantik. Jenis kaktus yang ditanamnya Haworthia attenuata.

Menurut Rohmat Darmawan, anggota Terarium Surabaya, workshop kemarin merupakan kampanye lingkungan hidup yang dilakukan kelompokny­a. Saat ini, kelestaria­n alam menjadi isu utama. Makin banyak pohon yang ditebang untuk segala urusan. Mulai membuat kertas hingga furnitur. ’’Pertama diajak suka dulu pada tanaman, hingga akhirnya mengoleksi beragam tanaman dan mencintai lingkungan,” paparnya.

Demi memperinga­ti Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini, Rohmat tidak hanya menyelengg­arakan workshop. Masyarakat juga diajak peduli pada lingkungan dengan menampilka­n foto-foto bencana. Mulai kekeringan, tanah longsor, hingga banjir yang dipicu kurangnya daerah resapan.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? IMUT DAN SEGAR: Ivi Fitriana dan Rohmat Darmawan merapikan terarium yang dibikin kemarin.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS IMUT DAN SEGAR: Ivi Fitriana dan Rohmat Darmawan merapikan terarium yang dibikin kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia