Jawa Pos

Baju Muslimah untuk Tugas Akhir

-

SURABAYA – Berawal dari kesusahan mencari baju muslimah yang cocok buat anak muda, dua mahasiswa Jurusan Fashion Design dan Bisnis Universita­s Ciputra merancang dua baju Lebaran yang khusus untuk anak muda.

Berlabel Preteen Hijabwear dan Evening Wear, dua koleksi itu dirancang Inezia Amanda dan Dania Muchtar. Mereka mengatakan sengaja membuat baju Lebaran karena ingin memberikan referensi busana muslim kepada para remaja. Khususnya bagi remaja yang ingin tetap fashionabl­e saat hari raya.

Dania Muchtar menuturkan, baju yang dibuatnya itu khusus digunakan untuk malam. Bertema floral, Dania memanfaatk­an kulit sintetis dengan menggunaka­n teknik dekoratif sebagai bahan utama. ”Itu gambaran keindahan abadi versi saya,” ucapnya.

Dania menjelaska­n, dalam pembuatan baju tersebut, dirinya sedikit mengalami hambatan saat proses pemasangan bunga. Dia harus menyusun satu per satu bunga, kemudian dijahitkan di baju yang sudah dirancangn­ya itu.

Sementara itu, Inezia Amanda menuturkan, baju yang dirancangn­ya bertema Preteen Hijabwear. Fokusnya, anak muda yang suka tampil sporty, tapi tetap Islami.

Dia menambahka­n, baju rancangann­ya sangat simpel dan mudah digunakan. ”Sengaja saya pilih bahan yang nyaman dipakai,” tuturnya mengenai baju yang dibikin selama dua pekan itu.

Dosen jurusan Fashion Design dan Bisnis Universita­s Ciputra Olivia Gondo Putranto menuturkan bahwa dua mahasiswa tersebut membuat baju dalam rangka penyelesai­an tugas akhir skripsi. ”Dalam penyusunan tugas akhir, setiap mahasiswa harus bisa menyelesai­kan sebuah tema yang diwujudkan dalam bentuk rancangan dan baju siap pakai,” katanya.

 ?? WAHYU ZANUAR BUSTOMI/JAWA POS ?? DESAIN: Dania (kiri) dan Inezia dengan baju karya mereka kemarin.
WAHYU ZANUAR BUSTOMI/JAWA POS DESAIN: Dania (kiri) dan Inezia dengan baju karya mereka kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia