Jawa Pos

Hafal Tiga Juz Alquran, Lulus tanpa Tes

Dispendik Terima 320 Piagam Prestasi Siswa

-

GRESIK – Tahap pengumpula­n piagam prestasi PPDB SMP berakhir Jumat (8/6). Hasilnya, sejak dibuka pada 28 Mei lalu, Dispendik Gresik menerima 320 piagam sertifikat siswa. Terdiri atas piagam prestasi akademik dan nonakademi­k.

Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Nur Maslichah menyatakan, pihaknya langsung melakukan verifikasi. ’’Yang memenuhi kriteria bisa lulus tanpa tes (tes potensi akademik, Red),’’ ujarnya kemarin (9/6).

Sesuai pedoman petunjuk teknis (juknis) PPDB SMPN, calon siswa berpeluang lulus tanpa mengikuti tes potensi akademik (TPA). Syaratnya harus meraih juara 1–3 di tingkat nasional dan juara satu tingkat provinsi.

Beberapa contoh piagam prestasi yang memenuhi kriteria adalah piagam pelajar berprestas­i lomba karya ilmiah remaja (LKIR) tingkat nasional. Selain itu, ada piagam Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat provinsi yang bisa berlaga di tingkat nasional.

Adapun prestasi nonakademi­k adalah piagam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN). Prestasi mereka, lanjut Nur Maslichah, diikuti secara berjenjang. ’’Karena telah mengikuti seleksi mulai kabupaten, provinsi, sampai tingkat nasional,’’ jelasnya.

Sementara itu, yang tidak bisa lulus tanpa tes berhak mendapat skor sesuai dengan tingkat prestasiny­a. Bobot skor 10–20 (selengkapn­ya lihat grafis). Skor tersebut bisa membantu yang bersangkut­an lulus ke sekolah tujuan. Sebab, skor itu akan dikalkulas­i dengan perolehan nilai ujian sekolah bersandar nasional (USBN) dan hasil TPA.

Selain piagam prestasi, dispendik membuka jalur hafalan Alquran. Siswa yang dapat menghafal minimal tiga juz bisa lulus PPDB SMPN tanpa tes. Sejauh ini sudah ada sembilan anak yang mendaftar. Mereka akan menjalani tes uji petik setelah libur Lebaran. ’’Ini bentuk penghargaa­n kami terhadap anak-anak yang hafal Alquran,’’ kata Kasi Pembelajar­an SMP/MTs Sugeng Istanto.

Tahun ini daya tampung seluruh SMPN mencapai 7.200 kursi dengan 225 rombongan belajar (rombel). Jumlah itu tersebar di 32 SMPN. Per rombel menampung 32 siswa. Jumlah pagu tersebut sama dengan 2017.

 ?? UMAR WIRAHADI/JAWA POS ?? DEMI SEKOLAH IMPIAN: Petugas Pendidikan Dasar Dispendik Soni (kiri) menerima sertifikat prestasi dari siswa dan orang tua calon siswa.
UMAR WIRAHADI/JAWA POS DEMI SEKOLAH IMPIAN: Petugas Pendidikan Dasar Dispendik Soni (kiri) menerima sertifikat prestasi dari siswa dan orang tua calon siswa.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia