Jawa Pos

Libur Lebaran, 32 Puskesmas Beroperasi

-

GRESIK – Libur Lebaran tidak membuat fasilitas kesehatan berhenti beroperasi. Dinkes menyatakan, 32 puskesmas di Kota Wali tetap melayani masyarakat yang sakit. Salah satunya Unit Pelayanan Teknis (UPT) Puskesmas Duduksampe­yan.

Kepala UPT Puskesmas Duduksampe­yan dr Titik Ernawati menyatakan, pihaknya telah menyiapkan 93 tenaga medis untuk jadwal jaga. ’’Mereka terdiri atas sembilan dokter. Sisanya bidan dan tenaga medis lain,’’ ujarnya kemarin.

Erna mengatakan, fasilitas kesehatan pertama itu membagi sistem sif untuk setiap pos layanan. Puskesmas Duduksampe­yan membuka tiga pelayanan saat libur Lebaran. Yakni, IGD, pelayanan obstetri neonatus esensial dasar (poned), dan rawat inap. ’’Kecuali poli yang tutup,’’ tuturnya.

Menurut Erna, Puskesmas Duduksampe­yan setiap hari tidak pernah sepi pasien. Terutama korban kecelakaan. ’’Baik luka ringan maupun yang serius. Hampir tiap hari ada,’’ katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Moh. Nurul Dholam mengungkap­kan, selama libur Lebaran 32 puskesmas di Gresik beroperasi. Tujuannya, mengantisi­pasi pasien yang masuk saat Idul Fitri. ’’Apalagi beranjak dari tahun sebelumnya, terjadi penumpukan pasien di IGD,’’ ucapnya.

Nurul menambahka­n, tidak semua puskesmas memiliki rawat inap. Hanya 17 fasilitas kesehatan yang memiliki fasilitas tersebut. ’’Jadi, jika ada pasien yang perlu rawat inap, bisa dirujuk ke rumah sakit,’’ paparnya.

 ?? GALIH WICAKSONO/JAWAPOS ?? BUKA TIGA LAYANAN: Pelayanan pendaftara­n pasien di Puskesmas Duduksampe­yan.
GALIH WICAKSONO/JAWAPOS BUKA TIGA LAYANAN: Pelayanan pendaftara­n pasien di Puskesmas Duduksampe­yan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia