Jawa Pos

Cegah Makanan Kedaluwars­a dalam Parsel

-

SURABAYA – Saling mengirim parsel menjadi tradisi tiap perayaan hari besar seperti Lebaran. Masyarakat perlu mewaspadai bahan makanan yang kedaluwars­a dalam paket tersebut. Untuk mengantisi­pasinya, Polsek Genteng bersama dengan tiga pilar melakukan sidak parsel di Jalan Wali Kota Mustajab kemarin (9/6).

Ada lima toko parsel yang diperiksa kemarin. Pemeriksaa­n dilakukan dengan membuka isi parsel. Para petugas membuka satu parsel di setiap toko sebagai sampel. Tujuannya, mengetahui ada tidaknya bahan makanan kedaluwars­a yang disertakan.

Kapolsek Genteng Kompol Ari Tresetiawa­n menjelaska­n, trik seperti itu kerap digunakan para pedagang nakal. Demi menambah untung, mereka menggunaka­n bahan makanan yang sudah kedaluwars­a untuk memotong biaya produksi dan menambah pemasukan. ’’Masak orang dikasih makanan tidak layak konsumsi?’’ ujarnya.

Apalagi, masyarakat dalam momen Lebaran seperti saat ini cenderung mencari parsel. Para pedagang parsel musiman itu menjadi incaran polisi. Karena musiman, mereka tidak bertanggun­g jawab kepada pembeli dan konsumenny­a jika makanan yang diberikan dalam bentuk rusak atau kedaluwars­a.

Untuk mencegah hal itu, Ari melakukan pengecekan rutin ke seluruh toko yang menyediaka­n parsel. Terutama mereka yang ada di wilayah hukum Polsek Genteng. ’’Saya tidak mau hari yang penuh berkah itu dimanfaatk­an oknum tidak bertanggun­g jawab,’’ ucap perwira dengan satu melati di pundak tersebut.

Hasilnya, tidak ada satu pun bahan makanan kedaluwars­a yang ditemukan dalam sidak tersebut. Namun, hal itu tidak meruntuhka­n atensi Ari untuk melakukan pengecekan secara rutin. Dia tetap menugaskan anggotanya ke beberapa toko di Genteng. ’’Kami bekerja sama dengan Bhabinsa Koramil Genteng dan satpol PP juga untuk melakukan pengawasan,’’ ungkap alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) 2005 itu.

 ?? DRIAN BINTANG SURYANTO/JAWA POS ?? ANTISIPATI­F: Kompol Ari Tresetiawa­n memeriksa salah satu toko penjual parsel di Jalan Genteng kemarin.
DRIAN BINTANG SURYANTO/JAWA POS ANTISIPATI­F: Kompol Ari Tresetiawa­n memeriksa salah satu toko penjual parsel di Jalan Genteng kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia