Jawa Pos

Valencia Kecipratan ”Bonus” FIFA

-

ENZO Perez memang sudah tidak mengenakan kostum Valencia. Sejak musim panas 2017 dia pulang ke Argentina membela River Plate. Namun, El Che –julukan Valencia– tetap menerima berkah atas bergabungn­ya Perez ke skuad Piala Dunia sebagai pengganti Manuel Lanzini. Hal itu mengacu Club Benefits Programme yang mulai diterapkan FIFA pada 2010.

Tertulis dalam peraturan tersebut, setiap klub akan menerima ”bonus” dari FIFA jika pemainnya dipanggil timnas. Syaratnya, pemain yang bersangkut­an minimal sudah dua tahun membela tim itu. Nah, Perez sudah memenuhi regulasi. Sebab, dia membela Valencia sejak 2015 hingga 2017.

”Dalam Club Benefits Programme, FIFA menyetujui dana senilai EUR 178 juta (sekitar Rp 2,9 triliun) yang didistribu­sikan kepada klub-klub yang telah menyumbang­kan pemain untuk turnamen musim panas ini di Rusia,” tulis Marca. Sayang, belum ada data valid mengenai jumlah yang diterima tiap-tiap klub bagi pemainnya yang dipanggil timnas.

Yang pasti, Perez bukanlah satu-satunya pemain yang masuk kriteria tersebut. Rodrigo Moreno untuk Spanyol, Goncalo Guedes di Portugal, dan Matt Ryan untuk Australia juga mendatangk­an berkah buat klub yang mereka bela.

Ryan dan Guedes, seperti halnya Perez, adalah bagian dari Valencia untuk musim 2016–2017. Hanya, untuk kasus Guedes dan Ryan, jumlah klub yang menerima imbalan dari FIFA lebih banyak. Sebab, keduanya masing-masing membela tiga tim sejak 2017.

 ?? SERGEI KARPHUKHIN/REUTERS ?? BERKAH CEDERA: Aksi Enzo Perez (kanan) ketika menghadapi Rusia di laga uji coba (11/11).
SERGEI KARPHUKHIN/REUTERS BERKAH CEDERA: Aksi Enzo Perez (kanan) ketika menghadapi Rusia di laga uji coba (11/11).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia