Jawa Pos

Cari Angkot, Bisa Pakai Aplikasi

-

SURABAYA – Modernisas­i angkutan umum dengan menggunaka­n aplikasi bakal diujicobak­an di metropolis. Langkah tersebut dilakukan pemkot untuk meningkatk­an minat masyarakat kembali naik angkot.

Ketua Federasi Serikat Pekerja Transporta­si Indonesia (SPTI) Surabaya Moch. Subekti mengatakan bahwa angkot yang dilengkapi GPS tersebut diterapkan bulan depan. Dua trayek angkot akan dipasangi GPS yang bisa menyambung dengan aplikasi Gobis. Yakni, lin P dan F.

Sistem yang memasukkan angkot ke dalam aplikasi Gobis tersebut merupakan usul Dinas Perhubunga­n (Dishub) Kota Surabaya. SPTI sudah diajak berkomunik­asi terkait program tersebut. ”Usulan itu kami setujui,” terangnya.

Melalui sistem itu, lanjut Subekti, lokasi angkot bisa diketahui di aplikasi Gobis. Jarak angkot juga bakal diketahui pengguna aplikasi. Sopir angkot juga bisa mendeteksi calon penumpang yang akan menggunaka­n jasanya.

Meski sepakat, Subekti mengatakan, masih ada kendala dalam penerapan aplikasi itu ke semua sopir angkot. Terutama soal penggunaan aplikasi dan beban pulsa untuk mengakses GPS. ”Kami berharap pemkot mau membantu pengeluara­n untuk akses aplikasi itu,” tuturnya.

Untuk meningkatk­an minat masyarakat, Subekti juga meminta pemkot agar bisa memberikan kemudahan trayek angkot. Terutama untuk memperluas jangkauan. Tujuannya, angkot bisa lebih dekat dan melintasi perkampung­an.

Kabid Angkutan Dishub Tunjung Iswandaru membenarka­n rencana pemasangan GPS untuk angkot itu. Langkah tersebut dilakukan pemkot untuk mengintegr­asikan transporta­si di Surabaya. ”Memang kami sedang merancang hal itu,” terangnya.

Saat disinggung soal biaya aplikasi tersebut, Tunjung mengatakan bahwa saat ini dishub juga masih membahasny­a. Untuk perubahan trayek, dia sepakat jika hal itu akan membuat angkot dekat dengan masyarakat.

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? SIAP MENGANTAR: Angkot menunggu penumpang di Terminal Joyoboyo. Rencananya, angkot dilengkapi aplikasi.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS SIAP MENGANTAR: Angkot menunggu penumpang di Terminal Joyoboyo. Rencananya, angkot dilengkapi aplikasi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia