Jawa Pos

Pengaspala­n Kurang 20 Persen

Ruas Jalan Baru Dibuka Agustus

-

SURABAYA – Arus lalu lintas di jalan tol Surabaya–Gresik tampak lengang kemarin siang (10/6) hingga menjelang sore. Belum terlihat adanya lonjakan jumlah pengendara. Lalu lintas yang melewati pintu masuk tol juga terpantau lancar. Tidak ada pula antrean yang mengular.

Di sisi lain, petugas terus mengebut pengerjaan ruas jalan tersebut. Ruas jalan yang telah dibangun dirapikan sebelum diaspal. Beberapa rambu yang mengimbau pengendara untuk berhatihat­i masih terpasang. Pengendara diberi informasi bahwa jalan tol sedang dibangun dan diperlebar.

Berdasar hasil pengamatan di lapangan, permukaan jalan tol Dupak– Tandes di kawasan Margomulyo belum utuh. Jalan belum teraspal sepenuhnya sehingga tidak bisa dilewati.

Sjahrir Rahim, kepala bagian pemelihara­an PT Margabumi Matraraya, operator jalan tol Surabaya– Gresik, menyatakan bahwa pembanguna­n tol di kawasan tersebut masih mencapai 80 persen. Yang belum rampung adalah pengaspala­n dan penambahan rambu lalu lintas. Ruas jalan yang baru dibangun itu ditargetka­n mulai beroperasi pada Agustus mendatang.

Ruas tol Dupak–Tandes memiliki panjang 3,8 kilometer. Nyaris 2 kilometer di antaranya sudah teraspal, tetapi belum dilengkapi rambu. Sisa 1,8 kilometer belum teraspal sama sekali. ’’Jadi, seluruh jalan baru itu masih kami tutup dan belum bisa digunakan untuk arus mudik dan balik,’’ terangnya.

Sebagaiman­a diketahui, jalan tol Dupak–Tandes menghubung­kan Surabaya dengan Gresik maupun Surabaya dengan sejumlah kota lain di bagian barat Jatim. Bila dulu hanya 11,7 meter, kini lebarnya mencapai 14,8 meter. Sjahrir menambahka­n, jalur tersebut bisa digunakan setelah pengaspala­n selesai sebulan lagi.

 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ?? LENGANG: Arus lalu lintas di jalan tol Surabaya–Gresik dipantau dari udara kemarin. Ruas jalan baru di sisi kanan dan kiri terlihat belum diaspal sehingga tidak bisa digunakan untuk arus mudik dan balik.
GALIH COKRO/JAWA POS LENGANG: Arus lalu lintas di jalan tol Surabaya–Gresik dipantau dari udara kemarin. Ruas jalan baru di sisi kanan dan kiri terlihat belum diaspal sehingga tidak bisa digunakan untuk arus mudik dan balik.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia