Jawa Pos

Dijamu dengan Lobster dan Es Krim

Pagi Ini Trump Bertemu Jong-un di Sentosa Island

- FOLLY AKBAR

SINGAPURA – Trotoar itu tertutup pagar berwarna kuning setinggi

1 meter. Di ujungnya, ada petugas keamanan yang berjaga.

Imbasnya, pejalan kaki tidak bisa lagi lewat di kawasan yang berjarak sekitar 100 meter dari Hotel Capella di Pulau Sentosa, Singapura, itu kemarin (11/6). Sementara itu, meski masih diperboleh­kan lewat, di radius tersebut kendaraan sudah tidak diperkenan­kan menurunkan penumpang

Jawa Pos yang berkesempa­tan berkelilin­g pulau seluas 465 hektare tersebut dengan bus wisata juga melihat intensitas lalu-lalang mobil patroli kepolisian semakin meningkat. Ketat. Steril.

Maklum, pagi ini (12/6), di Hotel Capella, sejarah besar akan tercipta. Untuk kali pertama, Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un akan bertemu.

Kelanjutan program nuklir dan sanksi internasio­nal yang diterima Korea Utara diyakini menjadi isu utama yang dibahas pada kesempatan itu. Pertemuan tersebut menjadi perhatian besar warga dunia. Sebab, hasilnya akan berdampak pada ke arah mana stabilitas dan keamanan internasio­nal. Khususnya di Semenanjun­g Korea.

Gedung Putih kemarin (11/6) mengungkap detail pertemuan antara Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong-un dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Sesuai rencana, mereka akan bertemu di Hotel Capella pukul 09.00 waktu setempat. Pertemuan akan diawali dengan pengambila­n foto saat Trump dan Jong-un berjabat tangan.

Jong-un dan Trump akan berbicara empat mata lebih dahulu setidaknya dua jam. Selain keduanya, hanya ada penerjemah di ruangan tersebut. Baru kemudian dilanjutka­n dengan pertemuan bilateral dan makan siang.

Sementara itu, Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengisi hari keduanya di Singapura dengan menemui Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong di Istana Kepresiden­an Singapura. Tiba di istana pada tengah hari, Trump langsung dijamu makan siang.

Dalam foto yang diunggah Men- teri Pendidikan Ong Ye Kung di laman Facebook-nya, terungkap bahwa menu makan siang yang disuguhkan adalah lobster bisque, daging tenderloin, dan es krim. Setelah santap siang, Trump mengadakan pertemuan tertutup dengan PM Lee.

Mengutip Reuters, dalam pertemuan itu, Trump menyampaik­an terima kasih kepada pemerintah Singapura. ”Kami menghargai keramahan dan profesiona­lisme serta persahabat­an Anda. Anda adalah teman saya,” ujarnya.

Kemarin sore Jong-un berkunjung ke Flower Dome di Gardens by the Bay. Dia ditemani Menlu Singapura Vivian Balakrishn­an dan Menteri Pendidikan Singapura Ong Ye Kung. Mereka bahkan sempat berfoto bersama. Balakrishn­an mengunggah foto itu di akun jejaring sosialnya. Gardens by the Bay memiliki air terjun dalam ruangan tertinggi di dunia.

Jong-un juga berkunjung ke Hotel Marina Bay Sands. Adiknya, Kim Yo-jong, ikut menemani. Dia tampak menuju SkyPark di Marina Bay Sands. Kedatangan­nya sempat membuat kaget pengunjung. Mereka mengabadik­an momen itu dengan mengambil foto Jong-un. Pulangnya, dia berjalan menyusuri trotoar di dekat patung Merlion.

Sementara itu, berdasar rilis resmi Kementeria­n Luar Negeri Singapura, pertemuan tersebut juga membahas hubungan kedua negara. Ada sejumlah isu yang dibahas. Mulai bidang ekonomi, pertahanan, hingga keamanan.

Pada kesempatan itu, Trump menerima permintaan Presiden Singapura Halimah Yacob untuk kembali berkunjung ke negara kota itu. Yakni, pada KTT ASEANAS ke-6 dan KTT Asia Timur ke-13 November mendatang.

 ?? SINGAPORE/HANDOUT VIA REUTERS ?? TAMU NEGARA: Donald Trump (kanan) dan Lee Hsien Loong di Istana Kepresiden­an Singapura kemarin.
SINGAPORE/HANDOUT VIA REUTERS TAMU NEGARA: Donald Trump (kanan) dan Lee Hsien Loong di Istana Kepresiden­an Singapura kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia