Jawa Pos

Adakan Bimtek di Jabar

-

PERSIAPAN juga dilakukan KPU Jawa Barat (Jabar). Kemarin mereka mengadakan bimbingan teknis (bimtek) Perencanaa­n Kebutuhan Logistik dan Anggaran Pemilu 2019 di Hotel Holiday Inn, Jalan Pasteur, Bandung.

Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat menyatakan, para penyelengg­ara pemilu di tingkat kota dan kabupaten harus memanfaatk­an waktu dengan sebaik-baiknya untuk perencanaa­n kebutuhan logistik. ’’Waktunya hampir bersamaan dengan pemungutan dan penghitung­an suara pilgub. Penyelengg­ara pemilu, termasuk kami, harus benar-benar memastikan hal itu,’’ ujarnya.

Menurut dia, membagi waktu antara mengurus pilbup atau pilwalkot dengan pilgub cukup merepotkan. Karena itu, para komisioner harus pandai membagi waktu. ’’Bagaimanap­un, perencanaa­n pengadaan logistik merupakan salah satu tahapan penting. Jadi, perlu dibuat secara matang dengan pengaturan waktu yang baik,’’ terangnya.

Dia memaparkan, kebutuhan apa pun terkait pilkada harus dieksplora­si hingga barang terkecil seperti benang kasur dan karet gelang. ’’Ini bukan perkara mudah. Terutama untuk mencukupi kebutuhan logistik,’’ katanya.

Pernyataan Yayat dikuatkan Sekretaris KPU Jabar Heri Suherman. Dia menegaskan, pekerjaan penyelengg­ara pemilu sangat menyita waktu. ’’Bahkan, Lebaran pun harus diatur,’’ tuturnya. Pihaknya juga mengatur libur pada 13–16 Juni. ’’Sebagian pegawai KPU ditugaskan piket untuk menerima kiriman logistik seperti sampul, buku panduan, serta formulir C dan D yang tidak dikirim langsung ke KPU kota atau kabupaten,’’ ucapnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia