Jawa Pos

Angin Kencang Landa Selat Bali

-

BANYUWANGI – Angin kencang dan gelombang tinggi melanda perairan Selat Bali seharian kemarin (11/6). Langit terlihat mendung sampai sore. Kondisi itu memaksa petugas dari Kantor Unit Penyelengg­ara Pelabuhan (KUPP) Ketapang terus berkelilin­g dari satu dermaga ke dermaga lain yang ada di Pelabuhan ASDP dan Pelabuhan LCM Ketapang.

Kepala KUPP Ketapang Eka Cakrawala yang diwakili Pelaksana Harian KUPP Widodo menyatakan, secara visual cuaca memang tidak bersahabat. Sesuai laporan BMKG, tinggi gelombang 0,3 sampai 1,5 meter. Sedangkan kecepatan angin mencapai 18 knot.

Meski masih di taraf aman, pihaknya tetap memeriksa kondisi setiap pelayaran. Termasuk mengingatk­an kepada nakhoda yang tengah beroperasi hari itu sambil memberikan peringatan agar mengantisi­pasi angin kencang dan gelombang tinggi. ”Tadi (kemarin, Red) kami memantau kondisi sekaligus berkoordin­asi dengan nakhoda. Jika memang perairan dirasa kurang aman, kami minta mereka berkoordin­asi,” ujar Widodo.

Sutikno, 44, koordinato­r lapangan Pelabuhan ASDP Ketapang, menambahka­n bahwa sementara gelombang masih bisa dikatakan aman. Untuk toleransi berbahaya jika angin sudah mencapai kecepatan 20 knot. ”Bagian STC terus berkoordin­asi dengan syahbandar dan nakhoda. Jika memang terus meningkat kecepatan anginnya, pasti kami peringatka­n,” terangnya.

 ?? FREDY RIZKY/JAWA POS RADAR BANYUWANGI ?? PANTAU: Petugas STC terus berkoordin­asi dengan syahbandar dan nakhoda memantau cuaca di perairan Selat Bali.
FREDY RIZKY/JAWA POS RADAR BANYUWANGI PANTAU: Petugas STC terus berkoordin­asi dengan syahbandar dan nakhoda memantau cuaca di perairan Selat Bali.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia