Jawa Pos

Ibu Hamil Alami Kontraksi di Kapal

-

SURABAYA – Perjalanan mudik kali ini menjadi pengalaman tidak terlupakan bagi Elisa Hambali. Perempuan 31 tahun dengan alamat KTP Pasuruan itu mengalami kontraksi di tengah laut. Elisa pulang kampung dari Balikpapan dengan menumpang kapal Labobar.

Kapal tersebut merapat di Dermaga Gapura Surya Nusantara (GSN), Tanjung Perak, pukul 07.40. Terlambat 40 menit dari jadwal. Begitu pintu dibuka dan tangga kapal disam- bungkan, para penumpang berhambura­n keluar.

Ketika itu terdapat sekitar 4.500 penumpang. Padahal, kapasitas ideal kapal sebenarnya 3 ribu jiwa. Hanya, saat mudik seperti ini Kemenhub memberikan toleransi 30–70 persen untuk bisa mengakomod­asi penumpang yang membeludak.

Sepuluh menit kemudian, tangga kapal yang sudah disesaki penumpang terlihat semakin ramai

Ada satu penumpang yang dibawa tim kesehatan pelabuhan dengan menggunaka­n tandu. Penumpang itu ditutupi selimut. Begitu turun, perempuan yang diketahui bernama Elisa tersebut dibawa ke pos kesehatan pelabuhan.

Dari hasil pemeriksaa­n diketahui bahwa kandungan Elisa mengalami kontraksi sejak pukul 02.00. Flek-flek darah tanda akan melahirkan dialami Elisa sekitar dua jam sebelum kapal merapat. Dia lantas dirujuk ke RS PHC dengan menggunaka­n ambulans. ”Sudah kami terima pasien rujukan dari pos kesehatan soal pasien yang kontraksi tadi,” ujar Sekretaris Perusahaan RS PHC Husninatul Ghasani.

Elisa tiba di IGD pukul 08.30. Tensi darahnya sempat tinggi, tetapi kemudian berangsur stabil. Dia dibawa ke ruang operasi dan tepat pukul 12.00 bayinya lahir secara Caesar. Bayi itu berjenis kelamin perempuan dengan berat 3,6 kg dan panjang 53 cm. Saat ini bayi berada di ruang perawatan untuk diobservas­i.

Sementara itu, Elisa sudah dipindahka­n dari ruang operasi ke ruang rawat inap. Namun, karena masih pemulihan, dia belum bersedia diwawancar­ai. ”Tapi, usia kehamilann­ya memang sudah cukup. Yakni, 39 minggu,” ungkap Husninatul.

 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? DITANDU: Elisa Hambali dibawa petugas kesehatan menuruni tangga kapal Labobar kemarin pagi (11/6).
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS DITANDU: Elisa Hambali dibawa petugas kesehatan menuruni tangga kapal Labobar kemarin pagi (11/6).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia