Jawa Pos

Manfaatkan Layanan Ekstra Pencetakan E-KTP

-

SURABAYA – Layanan cetak e-KTP yang dibuka dispendukc­apil bersama 18 kecamatan di Surabaya menyedot perhatian masyarakat. Banyak warga yang datang ke kecamatan untuk mencetakka­n e-KTP . Hari ini warga masih bisa memanfaatk­an layanan ekstra tersebut.

Kecamatan di wilayah Surabaya Selatan yang membuka layanan ekstra, antara lain, Sawahan, Karang Pilang, Wonokromo, dan Tegalsari. Layanan yang diberikan hanya pencetakan e-KTP. Warga cukup membawa surat keterangan e-KTP yang sudah ber-barcode.

Sebelum mencetak, petugas melakukan verifikasi personal. Warga yang membawa surat keterangan e-KTP akan diperiksa. Petugas mendata identitas, lalu mengecek kebenaran data melalui scan mata dan jari. Setelah ada kepastian, petugas mencetak e-KTP dan langsung menyerahka­nnya.

Di Kecamatan Tegalsari, puluhan warga memadati kantor layanan sejak pagi. Mereka antre di ruang permohonan e-KTP. Layanan baru dibuka pukul 09.00. Satu per satu warga menuju meja untuk verifikasi. Tidak lebih dari 15 menit, proses verifikasi selesai. Selanjutny­a, mereka menunggu e-KTP selesai cetak.

Camat Tegalsari Edy Purnomo mengatakan, antusiasme masyarakat cukup tinggi. Banyak warga yang ingin mengantong­i e-KTP. Selama ini mereka membawa surat keterangan e-KTP dalam bentuk kertas. ’’Mumpung libur, mereka mengajukan pencetakan di kecamatan,’’ ucapnya.

Hari ini layanan itu masih ada. Edy mempersila­kan warga datang ke kecamatan. Layanan berlangsun­g hingga pukul 12.00. Momen langka tersebut diharapkan bisa membantu masyarakat. ’’Mereka pulang ke kampung halaman dengan membawa e-KTP,’’ ujarnya.

Di Sawahan terjadi hal yang sama. Masyarakat datang ke kecamatan sejak pagi. Mereka ingin memiliki kartu identitas elektronik tersebut. Salah satunya, Usman Makmun. Selama ini dia harus membawa lembaran kertas sebagai kartu identitas. Dia merasa ribet dengan kertas itu. ’’Sekarang cukup membawa kartu yang bisa diselipkan di dompet,’’ tuturnya.

Kepala Dinas Kependuduk­an dan Pencatatan Sipil (Dispendukc­apil) Surabaya Suharto Wardoyo mengungkap­kan, layanan tersebut dibuka untuk memudahkan masyarakat. ’’Kini sebagian besar masyarakat sudah masuk cuti bersama. Merekamemi­likiwaktuu­ntukdatang ke kecamatan.”

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? BANYAK PEMINAT: Petugas di Kecamatan Tegalsari tetap melayani pencetakan e-KTP di masa cuti bersama kemarin.
DIPTA WAHYU/JAWA POS BANYAK PEMINAT: Petugas di Kecamatan Tegalsari tetap melayani pencetakan e-KTP di masa cuti bersama kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia