Jawa Pos

14 Siswa Lolos Jalur Prestasi

Dispendik Akan Seleksi Pendaftar Penghafal Alquran

-

GRESIK – Dinas Pendidikan (Dispendik) Gresik menuntaska­n verifikasi piagam prestasi PPDB jenjang SMPN kemarin (11/6). Hasilnya, pemilik 14 di antara 324 piagam prestasi dipastikan lulus tanpa tes. Mereka bisa masuk SMPN tujuan tanpa mengikuti tes potensi akademik (TPA).

Siapa mereka? Berdasar hasil verifikasi, 14 pendaftar itu adalah siswasiswi yang meraih prestasi nonakademi­k. Arina Widya, misalnya. Siswi alumnus SDN 2 Randuagung itu adalah juara I lomba renang dalam pekan olahraga SD se-Jatim yang diadakan Dispendik Jatim.

”Semuanya (lulus tanpa tes, Red) bidang nonakademi­k. Tidak ada yang akademik,” kata Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Nur Maslichah.

Di luar mereka yang bebas tes, lanjut Maslichah, pemilik piagam berhak memperoleh skor sesuai prestasiny­a.

Bobot skor mulai 10 sampai 20. Skor piagam prestasi akan dikalkulas­i dengan perolehan nilai ujian sekolah berstandar nasional (USBN) dan hasil TPA. Tes TPA dilaksanak­an pada 2 Juli.

Selain jalur prestasi, dispendik membuka jalur hafalan Alquran. Siswa yang menghafal minimal tiga juz bisa lulus PPDB SMPN tanpa tes. Sampai pendaftara­n ditutup kemarin, ada 12 anak yang mendaftar jalur hafiz tersebut. Mereka menjalani tes hafalan pada 22 Juni.

Salah seorang yang mendaftar bernama Jasmine Riyada Khoir. Alumnus SD NU 1 Trate itu mengaku hafal tiga juz. Kemarin dia menyerahka­n sertifikat bukti hafalan dari lembaga tempatnya menghafal Alquran. Dia berharap bisa diterima di SMPN 1 Gresik.

Jasmine mengatakan telah menyiapkan hafalan sebaik-baiknya agar tidak kikuk saat dites nanti. ’’Saya berharap tidak grogi. Mudah-mudahan lulus,” harap siswi berkacamat­a tersebut.

Adapun, pendaftara­n jalur reguler atau online dibuka pada 25–27 Juni. Proses seleksi akan diikuti dengan tes TPA pada 2 Juli. Hasilnya diumumkan pada 11 Juli. Waktu pendaftara­n terbilang pendek. Dispendik mewantiwan­ti para siswa agar memanfaatk­an waktu sebaik-baiknya.

’’Jika belum daftar, tidak bisa ikut seleksi. Dan, tidak ada waktu pendaftara­n tambahan,” tegas Kasi Pembelajar­an SMP Sugeng Istanto.

 ?? UMAR WIRAHADI/JAWA POS ?? HAFIZAH: Jasmine Riyada Khoir membawa piagam penghafal Alquran.
UMAR WIRAHADI/JAWA POS HAFIZAH: Jasmine Riyada Khoir membawa piagam penghafal Alquran.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia