Jawa Pos

Warga Domisili Luar Kota Serbu Kecamatan

Hari Ini Terakhir Layanan Cetak E-KTP saat Cuti Bersama

-

SURABAYA – Cuti bersama Lebaran dimulai kemarin. Meski demikian, pelayanan kecamatan masih berlangsun­g. Khusus cetak KTP. Hal itu pun tidak disia-siakan warga yang belum memiliki e-KTP. Termasuk warga yang berdomisil­i di luar kota.

Kantor layanan di Kecamatan Tambaksari ramai sejak pagi. Tempat duduk yang tersedia di dalam ruangan hampir penuh. Selama dua hari, terakhir hari ini (12/6), lima kecamatan di kawasan timur Surabaya masih membuka layanan kependuduk­an. Yakni, Tambaksari, Gubeng, Rungkut, Sukolilo, dan Mulyorejo.

Pencetakan pun bisa langsung ditunggu warga, asalkan sudah memenuhi kriteria. Yakni, sudah masuk print ready record (PRR) atau surat keterangan (suket) telah ber-barcode. Sementara itu, perekaman hanya bisa dilakukan di mal pelayanan publik di Siola.

Camat Tambaksari Ridwan Mubarun menyatakan, banyak warganya yang berdomisil­i di luar kota. Di antaranya, Jakarta, Semarang, dan Bandung. Mereka mencetak KTP saat mudik ke Surabaya. ’’Bahkan, TKI yang baru pulang dari Inggris juga datang untuk cetak KTP,” ujarnya.

Awalnya, layanan hanya difokuskan pada pencetakan data PRR. Lamakelama­an, banyak warga yang datang untuk mencetak e-KTP. Hingga pukul 14.00, total ada 197 keping yang tercetak. Jumlah tersebut lebih banyak jika dibandingk­an dengan hari biasa, yaitu 100–150 keping. ’’Untuk layanan, kami menyiagaka­n enam staf kecamatan,” jelas Kasi Pemerintah­an Kecamatan Tambaksari Agus Maryono.

Di Kecamatan Gubeng, pencetak e-KTP didominasi warga Surabaya yang berdomisil­i di luar kota. ’’Kesempatan layanan e-KTP yang sudah masuk musim libur ini betul-betul bermanfaat,” kata Camat Gubeng Budi Hermanto. Total ada 125 e-KTP yang tercetak.

Hari ini, layanan cetak e-KTP masih dibuka. Budi berharap warga bisa memanfaatk­an kesempatan itu. Apalagi, setelah Lebaran, bakal berlangsun­g pilkada. E-KTP menjadi salah satu syarat untuk menggunaka­n hak pilih.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia