Jawa Pos

1.025 Pendaftar, Diterima 160 Orang

Mahasiswa Baru Politeknik Perkapalan Jalur UMPN

-

SURABAYA – Peminat politeknik negeri masih tinggi. Itu terlihat di jalur ujian masuk politeknik negeri (UMPN). Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS). Total, ada 1.025 pendaftar. Tetapi, yang diterima hanya 160 orang.

Wakil Direktur (Wadir) 1 PPNS Adi Wirawan Husodo menyatakan, kuota yang disediakan PPNS lewat jalur UMPN sejatinya hanya 150 kursi. Namun, ada sekitar 160 mahasiswa baru yang diterima melalui jalur UMPN. Tambahan kuota tersebut diberikan sebagai cadangan. ’’Biasanya, ada mahasiswa baru yang diterima melalui jalur SBM PTN (seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri). Jadi, biar tidak ada kekosongan kursi,” katanya kemarin.

Tahun ini jumlah pendaftar UMPN PPNS meningkat jika dibandingk­an dengan tahun lalu. Yakni, dari 800 orang menjadi 1.025 pendaftar. Sementara itu, untuk total kuota yang dibuka PPNS, ada 700 kursi. Itu diisi lewat empat jalur. Yakni, penelusura­n minat dan kemampuan (PMDK) PPNS, PMDK Politeknik Negeri, UMPN, dan mandiri. ’’Ini kami sudah melewati tiga jalur,’’ ujarnya.

Daftar ulang dilakukan setelah libur Lebaran. Baik lewat online maupun datang langsung ke kampus. Adi mengimbau agar mahasiswa baru yang diterima jalur UMPN bisa melakukan daftar ulang sesuai dengan jadwal hingga batas akhir 26 Juni. Jika tidak, mereka dianggap gugur dan digantikan peserta cadangan. ’’Minggu ini belum bisa dilayani langsung karena libur Lebaran,’’ ucapnya.

Adi mengatakan, tahun ini PPNS menerima kuota bidikmisi 67 orang untuk seluruh jalur. Jumlah tersebut menurun daripada tahun lalu dengan total kuota 80 mahasiswa. Tim PPNS akan melakukan visitasi ke rumah calon penerima bidikmisi.

 ?? GALIH ADI/JAWA POS ?? PELAYANAN TAMBAHAN: Sujati mencetak e-KTP di kantor Kecamatan Tambaksari kemarin.
GALIH ADI/JAWA POS PELAYANAN TAMBAHAN: Sujati mencetak e-KTP di kantor Kecamatan Tambaksari kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia