Jawa Pos

Kreasi Boneka Flanel dan Permen

-

SURABAYA – Agar suguhan di meja terlihat menarik, perlu ada kreativita­s. Misalnya, wadah permen yang dibentuk serupa boneka atau miniatur rumah. Kemarin Komunitas Crafter Surabaya (KCS) mengadakan workshop kreasi kantong permen tersebut di lantai LG Pasar Turi Baru.

Bentuknya bermacam-macam. Ada yang bentuk rumah, lampu, dan nanas. Ada juga yang menggunaka­n boneka barbie sebagai media.

”Sebenarnya ide ini tidak benarbenar baru. Tapi, kami mempunyai inovasi baru berupa kantong sebagai wadah permennya,” tutur Lia Royan, pemateri workshop

tersebut. Pada boneka barbie,

biasanya permen-permen itu sekadar ditempel dengan double tape sebagai hiasan rok.

Namun, saat permen tersebut habis, akan meninggalk­an bekas

double tape yang tidak indah. Karena itu, mereka membuat sebuah kantong kecil sebagai solusi. ”Kalau begini kan, meski permen diambil, barbie-nya tetap kelihatan cantik,” ujarnya.

Membuatnya pun tak susah. Jika ingin menggunaka­n media

barbie, dibutuhkan kertas karton sebagai dasar bentuk roknya. Sementara itu, untuk baju dan kerudung, hanya dibutuhkan pita dan kain-kain perca. Kantongkan­tongnya dibuat dari kain flanel. ’’Ukuran kantongnya bisa 5 x 5 jika ukuran permen kecil. Kalau permennya agak besar, bisa dengan ukuran 6 x 6. Menyesuaik­an saja, pokoknya bentuknya bujur sangkar,’’ jelasnya.

Pengerjaan satu barbie maupun bentuk yang lain membutuhka­n waktu sekitar empat jam. Ini cocok bagi ibu-ibu yang ingin mendapatka­n penghasila­n tambahan.

 ?? MARIYAMA DINA/JAWA POS ?? KERAJINAN TANGAN: Berbagai wadah lucu untuk menyajikan permen sebagai suguhan Lebaran.
MARIYAMA DINA/JAWA POS KERAJINAN TANGAN: Berbagai wadah lucu untuk menyajikan permen sebagai suguhan Lebaran.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia