Jawa Pos

Lebih dari 2.400 TKI Datang Melalui Juanda

-

SURABAYA – Jumlah tenaga kerja Indonesia (TKI ) yang pulang melalui Bandara Internasio­nal Juanda meningkat. Setidaknya lebih dari 2.400 TKI tiba di bandara tersebut. Mereka kembali dari Taiwan, Hongkong, dan Malaysia.

Data di posko pendataan Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI) menunjukka­n peningkata­n jumlah kedatangan TKI pada H-9 atau 6 Juni lalu. Ada 342 TKI yang mendarat di terminal 2. Mereka berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur.

Sejak saat itu, jumlah TKI yang mendarat di Bandara Internasio­nal Juanda terus meningkat. Terakhir pada H-5 atau 10 Juni, jumlah TKI yang pulang melalui Bandara Internasio­nal Juanda hanya 616 orang. Jumlah tersebut turun daripada hari sebelumnya yang mencapai 636 orang.

Staf Perlindung­an Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI) Eko Marlianto mengungkap­kan, TKI tersebut bekerja di berbagai negara. Yang baling banyak di Taiwan. Lalu, Hongkong, Singapura, dan Brunei Darussalam. ”Taiwan masih menduduki peringkat pertama,” katanya.

Dia memperkira­kan, lonjakan masih bisa terjadi. Tepatnya pada H-2 dan H-1 mendatang.

Setiap TKI yang tiba di bandara internasio­nal diminta melapor ke posko PJTKI. Namun, ada juga TKI yang enggan melapor. Mereka nyelonong keluar dari terminal 2 dan langsung menuju ke tempat penjemputa­n penumpang.

Di sisi lain, jumlah penumpang yang datang dan pergi di Bandara Internasio­nal Juanda hingga Senin dini hari masih tinggi. Data posko menunjukka­n, penumpang domestik mencapai 228 ribu orang. Jumlah itu meningkat jika dibandingk­an dengan tahun lalu yang hanya 209 ribu orang. Lalu, penumpang internasio­nal berjumlah 24 ribu orang. Lebih tinggi daripada tahun lalu yang hanya 20 ribu orang.

Jumlah penerbanga­n tahun ini juga meningkat. Pada rute domestik, jumlah penerbanga­n mencapai 1.706 pesawat. Lalu, rute internasio­nal 163 penerbanga­n. Tahun lalu rute domestik hanya 1.500 penerbanga­n, sedangkan internasio­nal 137 penerbanga­n.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia