Jawa Pos

Alfian Dieksekusi ke Lapas Porong

-

SIDOARJO – Alfian Tanjung mulai kemarin (11/6) resmi ditahan di Lapas Kelas I Surabaya (Porong). Tim Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjung Perak mengekseku­si Alfian setelah pengajuan kasasinya ditolak Mahkamah Agung (MA). Alfian yang terjerat kasus ujaran kebencian (hate speech) bakal menjalani pidana selama dua tahun penjara.

Sebelumnya, Alfian ditahan di Mako Brimob Jakarta. Dia dipindah ke Lapas Porong setelah perkara pidananya di Surabaya berkekuata­n hukum tetap. Pemindahan dilakukan dengan menggunaka­n jalur udara. Sepanjang perjalanan, pengamanan dilakukan secara ketat. Sejak pagi, petugas kepolisian berjaga di area lapas. Mereka juga membawa senjata.

Kepala Kejari Tanjung Perak Rachmat Supriady menyatakan, eksekusi terhadap Alfian sudah sesuai dengan prosedur. Tenggang waktu pelaksanaa­nnya pun sesuai dengan aturan. ’’Dalam waktu tujuh hari setelah menerima salinan putusan, kami harus melakukan eksekusi,’’ katanya.

Pihak kejaksaan menerima vonis baru dari MA tersebut sejak 7 Juni. Artinya, eksekusi paling lambat dilaksanak­an pada 17 Juni. Karena batas waktu tersebut bersamaan dengan libur Lebaran, kejari memutuskan eksekusi dilaksanak­an kemarin.

Saat tiba di Lapas Porong, Alfian tidak banyak berbicara. Dengan mengenakan rompi tahanan hijau, dia berjalan menuju pintu lapas. Sesekali dia tersenyum. Alfian hanya mengatakan, dirinya akan melakukan peninjauan kembali (PK). ’’Seusai Lebaran kita ajukan,’’ ujar Fahmi H. Bahmid, koordinato­r tim advokasi Alfian.

Alfian ditangkap Polda Jatim pada Mei 2017. Dalam ceramahnya di Surabaya, dia menyebut Presiden keturunan PKI. Dalam persidanga­n, hakim memutuskan bahwa Alfian dinyatakan melanggar pasal 16 jo pasal 4 huruf b angka 2 UU No 40 Tahun 2008.

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? PENGHUNI BARU: Dengan mendapat pengawalan petugas, Alfian Tanjung dijebloska­n ke Lapas Kelas I Surabaya di Porong kemarin.
BOY SLAMET/JAWA POS PENGHUNI BARU: Dengan mendapat pengawalan petugas, Alfian Tanjung dijebloska­n ke Lapas Kelas I Surabaya di Porong kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia