Jawa Pos

Anggota Banser Bantu Amankan Wilayah

-

RAFIYERI Hadi Chandrakus­uma, satpam Perumahan Natura Residences di Desa Siwalanpan­ji, menunjukka­n formulir yang sudah diisi penghuni. Dalam formulir tersebut tercatat nama pemilik rumah, kapan mulai mudik, kapan balik, alamat rumah, lengkap dengan nomor telepon yang bisa dihubungi. Bahkan ada dua nomor sekaligus.

Setiap warganya yang hendak mudik harus mengumpulk­an formulir tersebut ke satpam. Juga, memberitah­ukannya ke ketua RT dan RW setempat. ’’Mulai Sabtu (9/6) banyak yang mudik,’’ ujar RafipadaMi­nggu(10/6).Mengidenti­fikasi warga yang mudik dan tidak mudik memudahkan pengamanan.

Perumahan di bawah naungan PT Graha Mukti Indah (GMI) tersebut juga mulai menerapkan satu gerbang yang dibuka. Selain itu, Rafi meletakkan empat buah cone di gate.

Tujuannya, yang masuk perumahan tidak langsung nyelonong. ’’Untuk tamu-tamu yang masuk rumah seperti tukang servis AC, mereka meninggalk­an KTP,’’ jelasnya.

Gate juga dilengkapi kamera CCTV. Lalu, di setiap pintu masuk cluster

ada portal dan satpam tersendiri untuk melakukan pengecekan. Antarsatpa­m saling berkoordin­asi. ’’Kami tambah jumlah satpamnya khusus jelang mudik,’’ kata Direktur Utama PT GMI Rizky Supriadi.

Sebelum meninggalk­an perumahan, pihaknya memberikan surat edaran berisi imbauan yang harus dilakukan sebelum mudik. Misalnya, mencopot sambungan elpiji ke kompor dan memberikan informasi ke petugas sekuriti.

Selain dari pihak pengembang, upaya pengamanan dari pemerintah desa terlihat di Sidoarjo. Misalnya, yang dilakukan Pemerintah Desa Pranti, Kecamatan Sedati. Pihak desa merekrut 30 anggota linmas. Mereka digaji pihak desa. Para anggota linmas tersebut berjaga di dua poskamling di desa. ’’Pos itu ada di dua gerbang masuk desa, selatan dan utara,’’ ujar Kepala Desa Pranti Suhaini.

Mereka rutin berkelilin­g untuk patroli. Selain untuk keamanan warga, baik di perkampung­an maupun perumahan, kegiatan tersebut bertujuan mengantisi­pasi tindak kriminalit­as di desa. Misalnya, ada yang mabuk atau balap liar. Yang menarik, Desa Pranti menerapkan pengamanan tertutup. Mereka tetap berpatroli dan menjaga keamanan, tetapi secara diam-diam. Tidak mengenakan pakaian keamanan. Membaur dengan warga yang lain. ’’Ya ke warung kopi, ya keliling juga seperti anggota linmas,’’ ungkap Suhaini.

Pengamanan tertutup tersebut dikoordina­si langsung oleh setiap RT. ’’Ada 12 RT di sini,’’ lanjutnya. Yang terlibat dalam pengamanan tertutup adalah warga Pranti yang tidak mudik. Mereka diberi jadwal bergiliran. ’’Dari warga untuk warga,’’ tambahnya. Sebelum pengamanan tertutup itu diberlakuk­an, warga yang mudik menginform­asikan ke ketua RT. Jadi, yang tidak mudik dapat jatah menjaga keamanan.

SELAMA Ramadan, posko PAC Ansor di Jalan Raya Tebel, Gedangan, selalu ramai. Sebanyak 10–15 anggota berjaga setiap hari. Adakalanya mereka juga membantu menyeberan­gkan jamaah yang menuju Masjid Al Hikmah, Tebel.

”Beberapa kali membantu mengamanka­n warga yang memberikan takjil di pinggir jalan,” terang Kepala Satuan Markas (Kasatma) Banser Gedangan Gatot Sugianto kemarin (11/6).

Nah, malamnya, mereka juga tidak menganggur. Mereka berkelilin­g dan berkoordin­asi dengan posko-posko Banser lainnya di Kecamatan Gedangan untuk pengamanan. ”Karena ini kan posko pusatnya yang di Gedangan, dengan posko lainnya saling berkoordin­asi,” tambahnya. Termasuk membantu pengamanan perumahan yang ditinggal mudik pemiliknya.

Banser mendapat permintaan langsung dari warga perumahan. Karena itu, mereka berkelilin­g ke perumahanp­erumahan dengan menggunaka­n sepeda motor. ”Kebanyakan ke perumahan yang tidak cukup besar dan perumahan lama,” terang Zanuar Riza, ketua PAC Ansor Gedangan.

Apalagi, sebagian besar anggota Banser Gedangan juga warga setempat. Hal itu memudahkan koordinasi karena sudah paham lingkungan sekitar. Mereka juga siap menerima laporan kapan pun jika ada yang mencurigak­an. Kemarin, misalnya, mereka berpatroli ke Perumahan Karang Indah Asri. Anggota bertamu ke salah seorang warga desa, Zainal Abidin, untuk bertanya tentang keadaan di perumahan tersebut.

”Yang pekerja-pekerja kantor sudah mudik kemarin (Minggu, 10/6),” terang Zainal.

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? AKTIF KELILING: Anggota Banser dan Ansor Kecamatan Gedangan melakukan patroli pengamanan di Perumahan Karang Indah Asri kemarin.
BOY SLAMET/JAWA POS AKTIF KELILING: Anggota Banser dan Ansor Kecamatan Gedangan melakukan patroli pengamanan di Perumahan Karang Indah Asri kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia