Jawa Pos

Kue Mengilap seperti Kaca

-

SURABAYA – Inovasi birthday cake semakin beragam. Tidak lagi hanya menggunaka­n fondan yang dibentuk jadi aneka karakter. Pembuat kue ulang tahun memanfaatk­an bahan lain agar kuenya

anti-mainstream.

Salah satunya mirror cake yang dibuat Leonard Alamveta. Leon, sapaannya, mengungkap­kan bahwa tidak semua orang bisa membuat kue yang masih populer di luar negeri itu.

Sebab, ada beberapa teknik untuk membuat kue tersebut. Setiap teknik membutuhka­n skill artistik yang mumpuni. ’’Kali pertama coba bikin tahun lalu. Sekarang mulai banyak yang suka,’’ ujarnya. Lelaki 31 tahun itu menuturkan, isian paling tepat untuk mirror cake adalah mousse yang bertekstur lembut dan ringan seperti es krim. Mousse itu kemudian disiram dengan glaze dari cokelat putih dan gelatin.

’’Sebelum dituang glaze, mousse-nya harus dipastikan dalam keadaan beku,’’ tambahnya. Dalam penyiraman itu, ada beberapa teknik yang bisa diterapkan. Salah satunya menyiramka­n glaze warna dominan lebih dulu. Kemudian, disusul warna glaze

pelengkap untuk menghasilk­an gradasi warna. Setelah itu, diusap dengan spatula supaya rata.

Setelah disiram glaze, kue menjadi bening dan mengilap seperti kaca. Leon juga membuat jenis

galaxy mirror cake. Dengan perpaduan warna glaze ungu, biru tua, serta shocking pink.

Pembuatann­ya tidak jauh beda dengan mirror cake. Hanya, setelah menyiramka­n glaze, Leon mencipratk­an pewarna putih dengan menggunaka­n kuas. Kue jadi seperti angkasa yang bertabur bintang-bintang.

 ?? LAVETTA BAKERY FOR JAWA POS ?? MENGILAP:
Kue ulang tahun mirror cake yang bening buatan Leonard Alamveta. Lapisan luarnya seperti mengandung kaca karena menggunaka­n glaze.
LAVETTA BAKERY FOR JAWA POS MENGILAP: Kue ulang tahun mirror cake yang bening buatan Leonard Alamveta. Lapisan luarnya seperti mengandung kaca karena menggunaka­n glaze.
 ?? LAVETTA BAKERY FOR JAWA POS ?? HARUS DINGIN: Cake ini tidak tahan lama di display sehingga harus dimasukkan ke kulkas.
LAVETTA BAKERY FOR JAWA POS HARUS DINGIN: Cake ini tidak tahan lama di display sehingga harus dimasukkan ke kulkas.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia