Jawa Pos

Permintaan Sewa Mobil Meningkat

-

SURABAYA – Bisnis persewaan mobil mengalami peningkata­n cukup signifikan saat Lebaran. Itu tidak lepas dari banyaknya orang yang membutuhka­n kendaraan roda empat untuk mudik ke kampung halaman.

Chief Operating Officer TRAC-Astra Rent a Car Agus Riyadi menjelaska­n, mendekati Lebaran, di rental mobil TRAC terjadi peningkata­n permintaan sewa lebih dari 30 persen bila dibandingk­an dengan bulan biasanya. Menurut dia, animo masyarakat terhadap penggunaan alat transporta­si tergolong tinggi. Terutama alat transporta­si yang digunakan secara personal. ”Terlebih lagi, Lebaran ini ada penambahan hari libur. Jadi, akan sangat berdampak bagi penggunaan transporta­si. Selain untuk mudik, juga untuk liburan bersama keluarga,” jelasnya.

Dia mengungkap­kan, jenis mobil yang diminati banyak konsumen menjelang Lebaran adalah Toyota Avanza dan Innova dengan rata-rata usia tiga tahun. ”Banyak yang pilih sewa mobil MPV karena bisa memuat hingga delapan orang,” katanya. Selain itu, banyak yang memilih kendaraan bertransmi­si manual karena hemat bahan bakar. ”Sebab, mereka akan melakukan perjalanan jauh saat mudik,” imbuh Agus.

Adapun durasi sewa kendaraan bervariasi. Namun, mayoritas konsumen TRAC menyewa di jangka waktu tujuh hari. ”Kebanyakan transaksi sewa mobil itu di kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan Bandung. Selain itu, tren sewa mobil sekarang lebih cenderung ke layanan sewa lepas kunci. Sebab, biasanya penyewa itu sambil menikmati libur bersama keluarga,” ujarnya.

Hingga kini jumlah armada yang disediakan TRACAstra Rent a Car sekitar 40 ribu unit. Meliputi, SUV, MPV, hingga bus dengan dibantu lebih dari 5.400 pengemudi. Dari segi segmen, pihaknya menyediaka­n untuk korporasi dan personal.(car/c11/fal)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia