Jawa Pos

Satu Stadion, 33 Kamera

-

KAMERA menjadi elemen vital dalam aplikasi VAR. Di Piala Dunia 2018, FIFA bakal memasang setidaknya 396 spot kamera untuk 12 stadion yang menjadi venue Piala Dunia. Dalam satu stadion, minimal dipasang 33 spot kamera. Itu termasuk 8 kamera dengan kemampuan super slow-motion dan 4 kamera yang punya teknologi ultra slow-motion.

Ke-12 stadion yang dipasangi kamera untuk teknologi VAR akan dikendalik­an dari Moskow. FIFA pun sudah menunjuk 13 wasit yang khusus menjadi petugas VAR. Perinciann­ya, 1 dari AFC (Konfederas­i Sepak Bola Asia), 3 dari Conmebol (Konfederas­i Sepak Bola Amerika Latin), dan 9 lainnya dari UEFA (Konfederas­i Sepak Bola Eropa).

Suara minor mengiringi keberanian FIFA mengaplika­sikan VAR di Piala Dunia 2018. ’’VAR tidak menihilkan kesalahan, melainkan hanya membantu mengurangi kesalahan kami. Tidak ada garansi (kontrovers­i tidak akan terjadi),’’ kata Bakary Papa Gassama, wasit Gambia yang terpilih untuk Piala Dunia 2018, sebagaiman­a dikutip BBC Sport.

’’Apresiasi perlu diberikan untuk langkah itu (VAR). Saya berharap kontrovers­i tidak terjadi,’’ sahut kiper nomor satu Spanyol David de Gea seperti dilansir Marca.

Kontrovers­i paling konyol dari VAR musim lalu terjadi dalam spieltag ke-30 Bundesliga (16/4). Wasit Guido Winkmann memanggil pemain FSV Mainz 05 dan SC Freiburg di ruang ganti saat turun minum. Sebab, bek Freiburg Marc-Oliver Kempf kedapatan handsball dari koordinasi Winkmann dengan petugas VAR. Padahal, sesaat sebelumnya, dia sudah meniup peluit tanda babak pertama berakhir.

 ?? ANATOLY MALTSEV/EPA-EFE ?? KORBAN: Paul Pogba (kiri) menjadi sasaran rasis penonton dalam uji coba melawan Rusia di Krestovsky Stadium, Saint Petersburg (28/3).
ANATOLY MALTSEV/EPA-EFE KORBAN: Paul Pogba (kiri) menjadi sasaran rasis penonton dalam uji coba melawan Rusia di Krestovsky Stadium, Saint Petersburg (28/3).
 ?? YURI KOCHETKOV/EPA-EFE ?? PERDANA: Petugas mengecek VAR di IBC Moskow (10/6). VAR kali pertama diterapkan pada Piala Dunia 2018.
YURI KOCHETKOV/EPA-EFE PERDANA: Petugas mengecek VAR di IBC Moskow (10/6). VAR kali pertama diterapkan pada Piala Dunia 2018.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia