Sentuhan Candi pada Desain Kolam

Jawa Pos - - MODERN WEST -

SURABAYA – Situs bersejarah Trowulan, Mojokerto, memberi inspirasi mahasiswa Jurusan Interior Architectu­re Universita­s Ciputra (UC) dalam mendesain plunge pool. Dalam pembuatan maket, mereka harus melakukan riset langsung ke lokasi situs tersebut.

Meskipun modern, maket plunge pool tetap mengusung unsur dan bentuk bangunan candi. Salah satu yang menarik adalah desain plunge pool yang dinamai Satunggal. Maket tersebut dibuat dengan konsep yang memadukan alam pegunungan seperti pemandian para dayang pada zaman dulu.

Jeremy Linanndi, anggota tim pembuat maket tersebut, menuturkan, master place maket itu adalah Candi Bajangratu. Adapun untuk kolamnya, Jeremy dan empat temannya terinspira­si Candi Tikus.

Menurut dia, dua candi itu sangat menarik jika dipadukan menjadi satu karya bangunan. Terlebih, ide bangunan Candi Bajangratu yang diterapkan menjadi pintu menuju kolam. ”Bangunan itu seperti ada nilai magisnya,” ucapnya.

Dosen Jurusan Interior Architectu­re Universita­s Ciputra Maureen Nuradhi menuturkan, pembuatan maket itu adalah tugas akhir mata kuliah history and theory of interior architectu­re Indonesia.

GUSLAN GUMILANG/JAWA POS

SENTUHAN TRADISIONA­L: Maket desain plunge pool yang dinamai Satunggal. Desain tersebut terinspira­si dari candi-candi di situs bersejarah Trowulan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.