Jawa Pos

Beri Kenyamanan, Batasi Jumlah Pengunjung

-

PELAKU usaha hiburan memprediks­i jumlah pengunjung meningkat. Alasannya, libur Lebaran yang panjang serta bersamaan dengan masa libur sekolah. Mereka pun telah mengantisi­pasi lonjakan tersebut agar kenyamanan para pelancong tetap menjadi yang utama.

Salah satunya, Atlantis Land di kompleks Kenjeran Park. Di sana jumlah pengunjung per hari akan dibatasi hanya 7 ribu orang. Tujuannya, tidak terjadi kepadatan antrean untuk menaiki wahana. ’’Sebab, belum semua siap digunakan. Lokasinya bisa menampung 25 ribu orang,’’ kata bos Atlantis Land Soetiadji Yudho.

Jumlah pengunjung Kenjeran Park pada Lebaran 2017 mencapai 55 ribu orang. Di Atlantis Land, selama Ramadan, jumlahnya bervariasi. Pada minggu pertama, rata-rata jumlah pengunjung per hari adalah 600 orang. Pada pekan terakhir, jumlah pengunjung melonjak hingga hampir 2 ribu pengunjung.

Koordinato­r Pendapatan Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran Dedi Kurniawan menyebutka­n, saat Lebaran, ada 2.500– 3.000 pengunjung. Puncaknya terjadi saat H+2 Lebaran. ’’Pengunjung­nya bisa lebih dari 8.000,’’ katanya. Pihaknya pun sudah menyiapkan hiburan tambahan untuk memanjakan pengunjung. Yakni, pertunjuka­n seni reog dan musik.

Koordinato­r Mangrove Informatio­n Center (MIC) Wonorejo M. Suwito mengungkap­kan, sebulan terakhir terjadi tren penurunan. Penyebabny­a, kasus teror bom. Namun, lanjut dia, pihaknya optimistis Ekowisata Mangrove Wonorejo masih menjadi salah satu tujuan utama saat libur Lebaran. ’’Keunggulan Wonorejo adalah banyak spot foto. Selain itu, pemandanga­n yang alami,’’ ujarnya.

 ?? GHOFUUR EKA/JAWA POS ?? WISATA ALAM: Pengunjung bersantai di dermaga yang menjadi salah satu fasilitas kawasan Ekowisata Mangrove Wonorejo.
GHOFUUR EKA/JAWA POS WISATA ALAM: Pengunjung bersantai di dermaga yang menjadi salah satu fasilitas kawasan Ekowisata Mangrove Wonorejo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia