Jawa Pos

Ubah Polusi Kendaraan Jadi Ramah Lingkungan

-

SURABAYA – Asap kendaraan menimbulka­n polusi udara yang membahayak­an kesehatan manusia. Tiga mahasiswa Departemen Kimia Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mengubah gas beracun tersebut menjadi ramah lingkungan. Mereka menciptaka­n katalitik konverter.

Tiga mahasiswa itu adalah Alvin Rahmad Widiyanto, Rahadian Abdul Rahman, dan Ulva Tri Ita. Alvin, ketua tim, mengatakan bahwa bahan bakar yang digunakan kendaraan mengeluark­an gas beracun. Misalnya, karbonmono­ksida, nitrogenok­sida, dan hidrokarbo­n. ’’Polusi udara dari asap kendaraan itu bisa mengganggu pernapasan dan penyakit lainnya,’’ katanya.

Karena itu, mereka berupaya mencari solusi dengan membuat katalitik konverter. Yakni, reaktor atau tabung kecil yang berisi lempengan kawat tembaga dan senyawa kimia padatan serta katalis berupa Zeolit-NaY.

Tembaga dan katalis tersebut, lanjut dia, bisa mereduksi atau mengubah gas karbonmono­ksida, hidrokarbo­n, dan nitrogenok­sida menjadi gas karbondiok­sida, nitrogen, uap air, serta ion sulfat. ’’Empat senyawa hasil konverter tersebut aman dan bermanfaat bagi lingkungan,’’ tuturnya.

Alvin menjelaska­n, gas karbondiok­sida dapat bermanfaat sebagai bahan fotosintes­is bagi tumbuh-tumbuhan. Nitrogen bisa menyuburka­n tanah. ’’Sedangkan uap air dan ion sulfat sangat aman bagi lingkungan,’ ucapnya.

Sementara itu, reaktor katalitik yang dipasang pada knalpot kendaraan disusun rapi. Bodi knalpot pun terlihat lebih bagus. Berdasar hasil pengujian alat konverter, 92,18 persen kadar gas beracun terbukti berhasil diubah menjadi gas yang tidak beracun. ’’Katalitik konverter ini dapat digunakan selama setahun dengan masa sekali penggantia­n bahan,’’ tutur Ulva.

Menurut dia, inovasi tersebut merupakan karya penelitian yang dibuat untuk Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke31 pada Agustus. Dia berharap inovasinya berhasil membawa nama ITS menjadi juara.

 ?? SEPTINDA AYU/JAWA POS ?? MENGUBAH ZAT BAHAYA: Dari kanan, Alvin Rahmad, Rahadian Abdul, dan Ulva Tri Ita menciptaka­n katalitik konverter (insert).
SEPTINDA AYU/JAWA POS MENGUBAH ZAT BAHAYA: Dari kanan, Alvin Rahmad, Rahadian Abdul, dan Ulva Tri Ita menciptaka­n katalitik konverter (insert).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia