Jawa Pos

Jamin Stok Aman Selama Lebaran

-

SURABAYA – Tiga hari terakhir harga cabai naik dua kali lipat. Supiyah, pedagang di Pasar Pegirian, menjelaska­n bahwa kenaikan harga cabai terjadi mulai Sabtu (10/6). Sebelumnya, harganya stabil. Harga cabai rawit dan cabai merah besar sama-sama naik.

’’Untuk cabai rawit, awalnya hanya Rp 26 ribu per kilogram. Saat ini naik menjadi Rp 50 ribu per kilogram,’’ kata Supiyah. Dia menyebut kenaikan juga terjadi pada cabai merah besar. Dari Rp 30 ribu menjadi Rp 55 ribu.

Harga naik sejak barang masih di tangan petani. Menurut Supiyah, lonjakan terjadi seiring naiknya permintaan. Pembelian cabai di pasar tradisiona­l meningkat.

Jawa Pos berusaha mengecek harga bahan makanan lainnya. Namun, nilainya masih stabil. Harga bawang putih dan merah Rp 28 ribu. Nilai itu tidak bergeser sejak awal Ramadan.

Kabid Distribusi Dinas Perdaganga­n (Disdag) Surabaya Surtauli Sinurat membenarka­n soal lonjakan harga cabai di wilayahnya. Dia menuturkan, harga cabai naik karena dipengaruh­i permintaan. Perempuan yang akrab disapa Uli itu memastikan bahwa stok cabai di Surabaya aman. Masyarakat tidak perlu khawatir.

 ?? EKO HENDRI/JAWA POS ?? NAIK TERUS: Harga cabai naik dua kali lipat.
EKO HENDRI/JAWA POS NAIK TERUS: Harga cabai naik dua kali lipat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia