Jawa Pos

Pecah Antrean Parkir dan Tiket

Antisipasi KBS Hadapi Lonjakan Pengunjung

-

SURABAYA – Untuk permasalah­an bottleneck di Kebun Binatang Surabaya (KBS), pihak KBS bertekad tidak akan menyusahka­n pemerintah lagi. Mereka akan memecah konsentras­i parkir di beberapa tempat.

Sebelumnya, hal itu dikeluhkan dishub. Rabu (6/6) Kadishub Kota Irvan Wahyudraja­d menyesalka­n keputusan pihak KBS yang hanya memusatkan parkir di sisi utara atau pintu masuk utama.

Antrean yang meluber mengakibat­kan penyempita­n jalan protokol. Hal itu menimbulka­n kemacetan. Belum lagi aktivitas penurunan penumpang di area itu. Aktivitas tersebut lebih banyak terjadi terutama pada Hari Raya Idul Fitri. Padahal, jalur itu merupakan jalur bertemunya dua arus berbeda. Dari arah Gunungsari–Joyoboyo menuju ke utara dan dari Jalan Ahmad Yani mengarah ke utara. ”Mungkin hari pertama tidak akan terlalu tinggi aktivitasn­ya karena hari Jumat. Tapi, Sabtu pasti tinggi,” ucap Irvan kala itu.

Menjawab permasalah­an itu, Dirut KBS Chairul Anwar menjelaska­n upaya yang akan diberlakuk­an mengenai area parkir. Mereka menyiapkan titik parkir di pintu sisi selatan atau B10 di Jalan Setail. ”Nanti kami buka juga di situ supaya tidak panjang antreannya,” katanya.

Keputusan itu didapat setelah berkoordin­asi dengan dishub dan pihak terkait dalam pengamanan KBS selama Lebaran. Chairul menjelaska­n, pihaknya akan terus berkoordin­asi demi memberikan kenyamanan kepada pengunjung. ”Kami sudah berdiskusi dengan polisi, baik dari polsek maupun polrestabe­s, untuk melakukan pengamanan,” tutur Chairul.

Dia mengakui, parkiran KBS menjadi permasalah­an yang patut dipikirkan solusinya. Tidak hanya sampai meluber ke jalan protokol, pengunjung bahkan harus menempuh jarak yang semakin jauh. Misalnya, di Jalan Ciliwung dan Taman Bungkul. Sebab, mereka tidak mendapatka­n parkir saat hari libur nasional. ”Banyak yang akhirnya parkir jauh di sana, terus jalan ke KBS,” ucap Chairul.

Antrean pengunjung di loket pintu masuk menjadi pemandanga­n biasa pada hari libur seperti itu. ”Nah, untuk itu, kami akan membuka ticket box di beberapa titik parkir,’’ jelasnya. Pembelian bisa dilakukan di ticket box. Antrean pembeli tiket pun bisa dipecah. Ticket box rencananya diletakkan di sepanjang Jalan Ciliwung dan di seputar Taman Bungkul.

 ?? AHMAD RIZAL/JAWA POS ?? RAWAN MACET: Area di depan lobi utama KBS sering dipadati pengendara dan pengunjung saat libur Lebaran. Titik parkir akan ditambah.
AHMAD RIZAL/JAWA POS RAWAN MACET: Area di depan lobi utama KBS sering dipadati pengendara dan pengunjung saat libur Lebaran. Titik parkir akan ditambah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia