Jawa Pos

Tindak Bus karena Tak Layak Jalan

-

SURABAYA – UPT Terminal Purabaya tak mau kompromi soal standardis­asi angkutan yang layak jalan. Terbukti, ada satu bus yang diminta keluar dari terminal dan dikenai tilang. Penyebabny­a, surat uji kir bus tersebut sudah habis.

Bus yang diusir itu memiliki rute Surabaya–Mataram. Sepintas, kondisi bus masih bagus. Namun, ketika diperiksa petugas Terminal Purabaya, ternyata surat uji kir bus tersebut kedaluwars­a. Selanjutny­a, bus diminta keluar dari terminal dalam kondisi kosong. Petugas juga menilang bus karena melanggar UndangUnda­ng Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas.

Kasubnit UPT Terminal Purabaya Hardjo menyatakan, kelayakan armada, awak, serta kru bus menjadi prioritas utama. ”Bus apa pun yang berusaha melanggar, pasti tertangkap,” katanya.

Pengawasan dilaksanak­an setiap hari. Hardjo menegaskan, tahap itu diberlakuk­an agar bus yang keluar dari Terminal Purabaya dalam kondisi layak jalan.

Kemarin jumlah penumpang di Terminal Purabaya relatif padat. Jumlah penumpang berkisar 33 ribu hingga 35 ribu penumpang. Itu lebih rendah jika dibandingk­an dengan Sabtu (9/6) yang mencapai 54 ribu penumpang.

Kedisiplin­an petugas di Terminal Purabaya mendapat apresiasi Sekretaris Jenderal Kementeria­n Perhubunga­n Djoko Sasono saat meninjau lapangan. Djoko saat itu meminta dokumen kelengkapa­n salah satu awak bus jurusan Surabaya–Malang. Permintaan tersebut dipenuhi. Surat dokumen lengkap. Djoko juga sempat menyalami penumpang di bus tersebut.

Menurut Djoko, Terminal Purabaya mengalami banyak perkembang­an. ”Terminal ini sudah bergaya modern dan patut menjadi contoh terminal tipe A lainnya,” katanya.

Kepala UPT Terminal Dishub Surabaya Inderagani mengatakan, kelancaran layanan terwujud berkat kerja sama banyak pihak. Salah satunya awak bus yang mulai tertib. Mereka mengikuti aturan yang ditetapkan UPT Terminal Purabaya. ”Ketertiban itulah yang membawa layanan bisa terselengg­ara dengan baik,” ujarnya.

 ?? THORIQ S. KARIM/JAWA POS ?? SIAP: Dari kiri, Kepala UPT Terminal Dishub Surabaya Inderagani, Djoko Sasono, dan petugas UPT Terminal Purabaya Bayu hendak menempelka­n stiker layak jalan pada salah satu bus kemarin.
THORIQ S. KARIM/JAWA POS SIAP: Dari kiri, Kepala UPT Terminal Dishub Surabaya Inderagani, Djoko Sasono, dan petugas UPT Terminal Purabaya Bayu hendak menempelka­n stiker layak jalan pada salah satu bus kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia