Jawa Pos

Dongeng Motivasi untuk 316 Anak Yatim

Bakti Sosial Pelita Little Charity

-

SURABAYA – Sebanyak 316 adik-adik panti asuhan tersenyum lebar pada Minggu sore (10/6). Mereka diajak serta melihat berbagai penampilan dari komunitas, mendengark­an cerita dongeng, sampai bersantap buka puasa bersama di mal Pakuwon Trade Center (PTC). Pelita Little Charity mendedikas­ikan acara tersebut sebagai aksi mereka yang dikenal dengan 2nd Charity Challenge.

Total, ada sepuluh panti asuhan yang beruntung mendapatka­n kesempatan menjadi peserta 2nd Charity Challenge sore itu. Di antaranya, Panti Asuhan B.J. Habibi, Panti Asuhan Ar Rosyid, Panti Asuhan Bani Yaqub, Panti Asuhan Muhammadiy­ah Karangpila­ng, Panti Asuhan Mitra Arofah, dan lima panti asuhan Islam lain di kawasan Surabaya.

”Seluruhnya panti asuhan Islam karena momennya berdekatan dengan Lebaran. Jadi, misi kami pun mengumpulk­an 200 baju gamis buat mereka,” ujar Direktur Utama Pelita Little Charity Irfan Utamin.

Menurut dia, diperlukan waktu beberapa bulan untuk mengumpulk­an dana dan menyalurka­nnya dalam bentuk baju gamis untuk anak-anak. Bantuan banyak pihak menjadi kunci utama terselengg­aranya acara tersebut.

”Banyak sekali pihak yang mendukung. Misalnya, Ibu Fenny Liem yang bela-belain muterin Surabaya buat cari diskon gamis di toko-toko,” tutur Irfan. Pihak lain yang juga memberikan kepedulian besar adalah penulis buku Islam Itu Ramah Bukan Marah Ardiansyah.

Kemudian, turut dibantu Felicia Zheng dari komunitas We Are One, Heman Salvation Ministry Catholic Charismati­c, Lisa Ayoenk dan Puspita Zhang selaku perwakilan ibu-ibu PG dan TK Metta School, Neni Tjuan Nie delegasi SunSkul Dammadipa Pandegilin­g, hingga para anggota Song of Dhamma Team Lintas Agama dan Cross Culture yang ikut menghibur adik-adik dengan tarian dan nyanyian.

Adik-adik dari sepuluh panti asuhan tersebut juga mendapatka­n cerita dongeng berjudul Hando yang Suka Memberi oleh salah seorang anggota Komunitas Pendongeng Handoko.

Dia ingin menyampaik­an pesan agar anak-anak memiliki sifat ringan tangan dan suka membantu sesama teman. ”Kalau suka menolong kawan-kawannya, pasti akan banyak bantuan tidak terduga juga buat teman-teman,” tutur Handoko.

Aksi bakti sosial Pelita Little Charity bakal berlanjut. Pada periode Agustus mendatang, 3rd Charity Challenge bakal dihelat dengan melibatkan 20 panti asuhan secara umum. Misinya adalah mengumpulk­an dana sebanyak-banyaknya untuk beasiswa pendidikan anak-anak yatim piatu.

”Mereka harus terjamin pendidikan­nya. Itu adalah hak mereka yang wajib kita bantu penuhi. Orang tua asuh tidak perlu mengadopsi mereka, cukup berdonasi untuk tabungan pendidikan mereka saja,” urai Irfan.

Dia berharap hati masyarakat Surabaya tergerak untuk berpartisi­pasi dalam aksi mendatang.

 ?? RESVIA AFRILENE/JAWA POSH ?? BERMAKNA: Handoko mendongeng untuk anak-anak yatim yang diundang dalam 2nd Charity Challenge.
RESVIA AFRILENE/JAWA POSH BERMAKNA: Handoko mendongeng untuk anak-anak yatim yang diundang dalam 2nd Charity Challenge.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia