Jawa Pos

Angka Kecelakaan Berkurang

-

PADA H-3 Lebaran Selasa lalu (12/6), jumlah kecelakaan lalu lintas mengalami penurunan signifikan. Data di Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu Kemenhub menunjukka­n, pada H-3 jumlah kecelakaan lalu lintas 138 kejadian. Jumlah itu turun 57 persen jika dibandingk­an dengan tahun lalu yang mencapai 195 kejadian.

Penurunan jumlah kecelakaan juga terjadi pada hari-hari sebelumnya Korban selamat:

Pada H-4 angka kecelakaan mencapai 152 kejadian. Berbanding 216 kejadian pada tahun sebelumnya. Hanya pada H-8 ada kenaikan angka kecelakaan. Itu pun hanya satu kejadian (68 berbanding 67).

Banyaknya mudik gratis menjadi salah satu penyebab turunnya angka kecelakaan. Sebab, mudik gratis secara signifikan mengurangi pemudik bersepeda motor. ”Tahun sebelumnya hampir 70 persen kecelakaan melibatkan sepeda motor,” kata Menteri Perhubunga­n Budi Karya Sumadi kemarin.

Karena itu, Budi Karya berencana menambah kuota mudik gratis tahun depan. Tahun ini lebih dari 30.000 kuota mudik gratis disiapkan. Okupansiny­a mencapai 90 persen. ”Tahun depan Kemenhub ingin menambah kapasitas. Kalau kapasitas darat itu kita pastikan akan kita tambah tiga kali lipat. Untuk laut kita berniat menambah tiga kali lipat, bergantung jumlah kapal yang ada,” jelasnya kemarin.

Menurut data Kemenhub, angka pengguna kendaraan roda dua semakin sedikit. Jika tahun lalu dari H-8 hingga H-3 terdapat 781.469 pemudik menggunaka­n roda dua, tahun ini hanya ada 130.332 pemudik. Berkurang hingga 37,7 persen. Selain karena banyaknya mudik gratis, hal tersebut dipengaruh­i libur Lebaran yang panjang. Pemudik jadi bisa memilih moda transporta­si.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljon­o mengatakan, pembanguna­n infrastruk­tur tidak semata-mata bertujuan memperlanc­ar arus mudik Lebaran. Tapi juga untuk kepentinga­n jangka panjang, menjadi elemen pendorong pertumbuha­n ekonomi nasional yang sehat dan meningkatk­an daya saing bangsa dalam konteks global.

Khusus mengenai mudik Lebaran, Basuki menuturkan bahwa kelancaran dan keberhasil­an mudik ditentukan tiga hal. Pertama, sarana-prasarana infrastruk­tur mudik yang tersedia. Kedua, manajemen lalu lintas oleh pihak kepolisian dan ketiga: perilaku para penggunany­a. ”Jalan nasional kita sepanjang 48 ribu kilometer 90 persen dalam kondisi mantap,” katanya.

Panjang tol Jakarta–Surabaya 760 kilometer. Yang dapat dilalui pemudik dengan kondisi operasiona­l sepanjang 525 km dan fungsional 235 km. ”Tol operasiona­l semua sudah dilengkapi sarana pendukungn­ya. Untuk tol fungsional bukan lagi jalan darurat. Kondisinya banyak yang sudah rigid, minimal lean concrete dan aspal, namun fasilitasn­ya belum selengkap tol operasiona­l,” terangnya.

Untuk titik kemacetan di Kali Kenteng, Basuki menerangka­n bahwa kemiringan jalan sementara yang melintasi bawah Jembatan Kali Kenteng masih aman dilalui. Kemacetan di titik itu terjadi karena penyempita­n dari dua lajur menjadi satu lajur saat memasuki jalan sementara sepanjang 600 meter dengan kecepatan kendaraan 20 km per jam.

 ?? FEDRIK TARIGAN/ JAWA POS ?? LEBIH AMAN: Motor pemudik hendak dinaikkan ke kapal Dobonsolo tujuan Semarang di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, kemarin.
FEDRIK TARIGAN/ JAWA POS LEBIH AMAN: Motor pemudik hendak dinaikkan ke kapal Dobonsolo tujuan Semarang di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia