Jawa Pos

Awas Pesan Lebaran dari Privatemes­sage.site

-

SEJAK kemarin, sejumlah akun di WhatsApp mengirimka­n pesan yang bersumber dari situs privatemes­sage.site. Ketika pesan tersebut diklik, biasanya muncul pesan ucapan selamat Lebaran. Dalam pesan itu tertulis nama teman Anda.

Berikut ini contohnya: ’’Anda menerima satu pesan PRIBADI dari *Allex Qomarulla*. Klik link ini SEKARANG untuk melihat pesan ->http://privatemes­sage.site/id/ ed?f=Allex-Qomarulla”. Nah, dari sejumlah situs yang membahas virus komputer, privatemes­sage.site termasuk situs hijacker.

Situs tersebut bisa membajak browser yang Anda gunakan untuk browsing di internet. Biasanya, ketika sebuah perangkat (komputer atau gadget) terinfeksi virus dari privatemes­sages.site, iklan akan bermuncula­n dan membombard­ir komputer Anda. Muncul di tab atau window baru browser Anda.

Memang, ada beberapa tutorial untuk mengatasi masalah virus yang disebarkan situs privatemes­sages. Tapi, daripada sibuk membetulka­n komputer atau gadget saat Lebaran, kan lebih baik Anda bersilatur­ahmi.

Jadi, sebaiknya jangan menyebarka­n atau ikut membuat pesan ucapan selamat Lebaran dari situs privatemes­sage. Terutama Anda yang mengakses WhatsApp dari komputer. Kalau ingin membuat desain ucapan selamat Lebaran, lebih baik Anda memanfaatk­an beberapa aplikasi desain di Play Store atau Apple Store gadget Anda.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia