Jawa Pos

Tekankan Pentingnya Kelestaria­n Hutan

-

BHAKTI Jatim Harmoni dalam Nawa Bhakti Satya merupakan komitmen untuk mewujudkan pembanguna­n yang berlandas nilai-nilai kearifan lokal, budaya, serta perwujudan kelestaria­n lingkungan hidup. Pelestaria­n lingkungan hidup dan keanekarag­aman hayati terwadahi dalam suatu pendekatan pembanguna­n berkelanju­tan (sustainabl­e developmen­t). Pembanguna­n berbasis ruang dan daerah aliran sungai (DAS) merupakan salah satu aspek kunci untuk mewujudkan pembanguna­n berkelanju­tan tersebut. Pendekatan itu akan mempertimb­angkan daya dukung lingkungan (environmen­tal carrying capacity) dalam merancang pembanguna­n wilayah.

Kawasan hutan, terutama yang berada di kawasan pegunungan di Jawa Timur seperti lingkar Wilis, lingkar Arjuno, lingkar Bromo, dan lingkar Ijen, memainkan peran penting dalam siklus sebagai daerah resapan dan tangkapan air. Pembanguna­n yang menjaga kelestaria­n hutan dan pada saat yang sama juga memberikan kesempatan kesejahter­aan kepada masyarakat pedesaan di wilayah hutan menjadi titik utama pembanguna­n berkelanju­tan.

Pembanguna­n yang menitikber­atkan pada transforma­si ekonomi menuju sektor industri, jasa, dan perdaganga­n, terutama di daerah dengan kawasan hutan yang relatif signifikan, memerlukan keberpihak­an anggaran untuk mendorong pembanguna­n sektor ekonomi sekunder dan tersier. Dengan begitu, pada saat yang sama akan menjaga peran daerah tersebut sebagai paru-paru Pulau Jawa. Pendekatan itu juga bersinergi dengan upaya mitigasi risiko bencana longsor dan banjir. Konservasi daerah aliran sungai memainkan peran utama. Kelestaria­n hutan turut berkontrib­usi pada terjaganya keanekarag­aman hayati, termasuk peran kawasan bakau untuk ekosistem pesisir.

Aspek pembanguna­n lingkungan hidup juga terkait dengan pengelolaa­n sampah yang perlu menitikber­atkan pada upaya 3R (reduce, reuse, recycle).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia