Jawa Pos

Antisipasi Lonjakan Avtur

-

SURABAYA – Menjelang Idul Fitri, penyaluran avtur diprediksi meningkat. General Manager Pertamina MOR V Ibnu Chouldum mengatakan, konsumsi avtur di momen tersebut akan melonjak sekitar 9 persen jika dibandingk­an dengan hari normal.

Adapun rata-rata konsumsi avtur normal harian untuk wilayah MOR V yang meliputi Jatim, Bali, dan Nusa Tenggara sebesar 1.196 kl per hari. Konsumsi itu diprediksi meningkat menjadi 1.315 kl per hari.

Kenaikan konsumsi tertinggi diperkirak­an terjadi pada H-5 dan H+3 saat puncak arus mudik dan arus balik Idul Fitri. ”Pasti akan ada peningkata­n konsumsi avtur karena akan banyak extra flight penerbanga­n ke daerah. Khususnya ke wilayah tempat mudik,” tuturnya.

Untuk menghadapi lonjakan tersebut, tim aviasi perseroan akan melakukan langkah antisipati­f. Di antaranya, memastikan kecukupan stok avtur selama momen Lebaran, pengecekan sarana dan fasilitas, serta stok material yang dibutuhkan. Juga memastikan kesiapan seluruh mobil tangki dan awak.

”Kami juga akan menjaga availibili­ty jumlah kendaraan hydrant dispense dan refueler sesuai dengan kebutuhan,” tambahnya. Communicat­ion and Legal Section Head Bandara Internasio­nal Juanda Yuristo Ardhi Hanggoro mengatakan, kenaikan penumpang di Bandara Juanda pada libur Lebaran ini diprediksi 2,5 persen.

Tahun lalu penumpang berjumlah 1.705.588 orang. Tahun ini diproyeksi­kan menjadi 1.749.050 orang. ”Untuk traffic penerbanga­n juga meningkat sekitar 3,2 persen. Dari 11.361 penerbanga­n tahun lalu menjadi 12.006 tahun ini,” tuturnya.

Dalam menghadapi lonjakan tersebut, beberapa maskapai mengajukan penerbanga­n ekstra. Sebanyak 31 penerbanga­n diajukan delapan maskapai di Bandara Juanda. Mulai penerbanga­n domestik hingga internasio­nal.

Delapan maskapai penerbanga­n tersebut adalah Lion Air, Wings Air, Sriwijaya Air, Citilink, Garuda Indonesia, Nam Air, Batik Air, dan Air Asia. ”Rute-rute juga ada yang ditambah,” ujar Yuristo.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? CUKUP: Petugas mengisi bahan bakar avtur di Bandara Internasio­nal Lombok, Nusa Tenggara Barat.
FRIZAL/JAWA POS CUKUP: Petugas mengisi bahan bakar avtur di Bandara Internasio­nal Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia