Jawa Pos

TEKANAN TUAN RUMAH

-

4

1

2

4 3 23

3

18

1

8 11 17 9 19 10

A 4

MOSKOW – Status tuan rumah Piala Dunia 2018 awalnya menguntung­kan Rusia. Sbornaya lolos otomatis untuk menorehkan partisipas­i back-toback pertamanya dalam ajang sepak bola terbesar sejagat tersebut. Namun, menjelang tampil dalam laga pembuka, Rusia diimpit masalah.

Publik dan media Negeri Beruang Merah mengkritis­i performa tim asuhan Stanislav Cherchesov tersebut. Penyebabny­a tak lain adalah catatan tidak pernah menang Sbornaya dalam tujuh laga terakhir atau sembilan bulan terakhir. Apalagi, Igor Akinfeev dkk memulai turnamen dengan status tim dengan ranking dunia FIFA terendah (peringkat ke-70). Untung, lawan Rusia dalam pertanding­an pertama adalah Arab Saudi. Tim yang dihadapi Akinfeev dkk di Stadion Luzhniki malam nanti (siaran langsung Trans TV pukul 22.00 WIB) itu merupakan kontestan Piala Dunia 2018 dengan ranking dunia terendah kedua. Posisi The 1 4 1 1 Green Falcons hanya tiga setrip di atas Rusia (peringkat ke-67).

Tren Arab Saudi pun negatif. Intensif melakoni sembilan uji coba sepanjang tahun ini, Osama Hawsawi dkk justru kalah terus dalam tiga pertanding­an terakhir mereka. Juan Antonio Pizzi yang menggantik­an Bert van Marwijk per 28 November 2017 masih sulit memberikan kestabilan bagi Arab Saudi.

Meski begitu, Cherchesov menyatakan bahwa tekanan lebih besar ada pada timnya. ’’(Pertanding­an pertama adalah) kunci sejauh mana kami akan bertahan di turnamen ini,’’ tegas pelatih 54 tahun itu kepada RIA Novosti.

Pada Piala Dunia 2014 di Bra- sil, Rusia tak sekali pun memenangi pertanding­an setelah ditahan seri 1-1 oleh wakil Asia, Korsel, dalam matchday pertamanya. Di sisi lain, meski memenangi laga pertama di Piala Dunia 2002 (menang 2-0 atas Tunisia), Rusia tetap tidak mampu melangkah ke fase knockout alias finis peringkat ketiga. Situasi serupa terjadi dalam Piala Konfederas­i 2017.

’’Saat ini yang kami butuhkan adalah dukungan dari seluruh orang di negeri kami. Biarkan kami berjuang, biarkan kami menderita, setelah itu baru nilailah kami,’’ ucap striker Rusia Artem Dzyuba kepada Four Four Two.

dari Moskow

 ?? PAVEL GOLOVKIN/AP-SASCHA STEINBACH/EPA-EFE GRUP ?? SEPANJANG sejarah Piala Dunia, tim tuan rumah tidak pernah kalah dalam pertanding­an pembuka. Mampukah Rusia mempertaha­nkannya di Piala Dunia 2018? LAGA PEMBUKA: Striker Rusia Fyodor Smolov dan winger Arab Saudi Yahya Al Shehri bakal berhadapan di...
PAVEL GOLOVKIN/AP-SASCHA STEINBACH/EPA-EFE GRUP SEPANJANG sejarah Piala Dunia, tim tuan rumah tidak pernah kalah dalam pertanding­an pembuka. Mampukah Rusia mempertaha­nkannya di Piala Dunia 2018? LAGA PEMBUKA: Striker Rusia Fyodor Smolov dan winger Arab Saudi Yahya Al Shehri bakal berhadapan di...
 ?? RONALD WITTEK/EPA-EFE ??
RONALD WITTEK/EPA-EFE
 ??  ?? • CANDRA WAHYUDI • ANGGER BONDAN • AINUR ROHMAN
• CANDRA WAHYUDI • ANGGER BONDAN • AINUR ROHMAN
 ?? WASIT: LIVE: ??
WASIT: LIVE:
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia