Jawa Pos

Merasa Dikhianati Lopetegui

Dipecat sebelum Melawan Portugal

-

KRASNODAR – Julen Lopetegui resmi menjadi suksesor Zinedine Zidane yang mundur dari Real Madrid. Tetapi, kepindahan Lopetegui itu ternyata tanpa seizin Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF). Padahal, Lopetegui baru Mei lalu meneken perpanjang­an kontrak hingga musim panas 2020.

Nah, merasa dikhianati, RFEF mengambil langkah tegas.

Tak perlu menanti laga opening grup B melawan Portugal di Fisht Olympic Stadium, Sochi, Sabtu dini hari WIB (16/6). RFEF tadi malam WIB (13/6) sudah memberhent­ikan entrenador yang baru dua tahun membesut La Furia Roja –julukan timnas Spanyol– itu. Sebagai gantinya, RFEF sudah menunjuk pelatih timnas U-21 Albert Celades. Tetapi, ketika melawan Portugal pada laga perdana, Direktur Olahraga RFEF Fernando Hierro ditugasi untuk menjadi juru taktik sementara.

’’Kami putuskan untuk memutus kontraknya,’’ ucap Presiden RFEF Luis Rubiales sebagaiman­a dikutip ESPN. Rubiales memang kaget dengan keputusan Lopetegui menerima pinangan Real Madrid. Begitu kagetnya, Rubiales yang sedang berada di Moskow untuk mengikuti Kongres FIFA sampai buru-buru terbang kembali ke kampnya di Krasnodar.

Di sana Rubiales memimpin rapat darurat yang berbuah keputusan memecat pelatih berusia 51 tahun itu. ’’Kami selalu mengharapk­an yang terbaik untuknya. Sebab, bagaimana juga dia sudah membawa kami ke turnamen ini dengan kinerja ekselennya,’’ tambah Rubiales.

RFEF hanya membutuhka­n waktu lima menit untuk memutus kontrak Lopetegui. ’’Bagi kami, timnas yang paling penting. Dan, di Piala Dunia ini misi terpenting kami,’’ klaim pria berusia 40 tahun tersebut.

Sebelum mendepak Lopetegui, RFEF bahkan dilaporkan sudah mengumpulk­an sejumlah uang untuk membayar kompensasi kepada Lopetegui. Itu seperti yang dilaporkan ABC. Uang yang disiapkan RFEF tersebut untuk mengganti kompensasi dari durasi dua tahun kontrak Lopetegui. Yakni, di angka EUR 2 juta (Rp 32,7 miliar).

Sayangnya, tidak ada jawaban apa pun dari Lopetegui selepas dirinya tidak menjadi entrenador Spanyol. Sebagaiman­a dilansir Football Espana, Lopetegui akan menutup dan tak berkomenta­r kepada media selama masih berada di Rusia. ’’Dia akan buka mulut di Spanyol,’’ ujar laporan media Spanyol. Hari ini WIB dia disebut-sebut sudah terbang kembali ke Spanyol. 14 JUNI

 ??  ??
 ?? EPA ?? LANJUTKAN TUGAS: Albert Celades menggantik­an Lopetegui.
EPA LANJUTKAN TUGAS: Albert Celades menggantik­an Lopetegui.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia