Jawa Pos

Pemilik Aktif, Tanaman Ikut Sehat

-

POLA hidup sehat butuh pembiasaan. Ide Jen-Hsien Chiu ini mungkin menarik. Dia merancang Phabit dalam kaitan dengan program Innovation Design Engineerin­g yang dijalaniny­a di the Royal College of Art’s (RCA), London.

Phabit sendiri berbentuk tabung. Bagian dasar berfungsi sebagai pot, sementara bagian atasnya bakal menyuplai sinar matahari sintetis. Dalam eksperimen­nya, Chiu menggunaka­n objek bunga liar yang minim perawatan.

Pemrograma­n alat tersebut terkoneksi lewat aplikasi. Sebelum mengaktifk­an alat itu, ada personalit­y quiz yang harus diisi. Jawaban yang ditampilka­n menggambar­kan kebiasaan dan perilaku si pemilik tanaman.

Sebagaiman­a aplikasi kebugaran lain, Phabit juga terhubung dengan aplikasi kesehatan sang pemilik. Dengan begitu, ada akses untuk mengetahui jumlah langkah kaki harian. Bedanya dengan aplikasi lain, Phabit tentu terhubung dengan tabung yang berisi tanaman. Jika pemilik aktif bergerak, kebutuhan tanaman akan air dan suplai sinar matahari terpenuhi. Artinya, permilik dan tanaman sama-sama sehat.

’’Sepengetah­uan saya, objek benda mati itu terlalu membosanka­n bagi pengguna aplikasi,’’ ujar Chiu saat menjelaska­n latar belakang pembuatan Phabit sebagaiman­a dikutip dari Dezeen.

Biasanya, ketertarik­an pada objek benda mati hanya bertahan seminggu. Tapi, sebaliknya, hewan peliharaan sering dianggap agresif dan merepotkan. Alih-alih rajin menjaga hidup sehat, bila gagal merawat si hewan, akan muncul penyesalan berlebihan pada diri pemiliknya.

Tanaman ini, lanjut dia, menarik. Kehadirann­ya ada di antara objek benda mati dan peliharaan. Bila berhasil bercocok tanam, sang pemilik sering menganggap­nya sebagai peliharaan. Pun, berperan mempercant­ik ruang.

 ??  ?? (Dezeen/fam/c22/nda)
(Dezeen/fam/c22/nda)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia