Jawa Pos

Kenalkan Sistem Baru Bisa Libatkan Tokoh

-

PENGAMAT teknologi informasi menilai sistem pelayanan publik yang dibangun Surabaya sudah baik. Hanya, memang informasi yang disajikan harus diperkuat. Setelah itu, baru ditambahka­n tahap persuasi. Dengan demikian, masyarakat bisa membuat keputusan (decision) untuk menggunaka­n aplikasi tersebut atau tidak.

Pakar teknologi informasi pemerintah­an ITS Tony Dwi Susanto mengatakan bahwa sebenarnya Surabaya sudah memiliki 177 aplikasi. Rata-rata untuk pelayanan publik. Penggunaan­nya terbilang masif. Salah satunya Surabaya Single Window (SSW). Namun, aplikasi untuk layanan komunikasi warga memang harus lebih disosialis­asikan lagi.

Tony menyebutka­n, sosialisas­i pemkot cenderung dilakukan dalam periode tertentu. Misalnya, setelah aplikasi selesai dibuat dan diluncurka­n. Sosialisas­i akan digencarka­n. ”Tapi, tidak dilakukan sosialisas­i tahap selanjutny­a,” ungkap Tony. Pemkot hanya sampai tahap penyampaia­n informasi.

Padahal, setelah penyampaia­n informasi, pemkot perlu melakukan maintain untuk memastikan penggunaan aplikasi oleh warga. Tony menyebut tahap kedua itu sebagai tahap persuasi. ”Kalau bisa, ada tokoh penting yang bisa mempersuas­i warga untuk menggunaka­n aplikasi tersebut,” ujarnya.

Tokoh tersebut bisa memberikan contoh bagi warga bagaimana menggunaka­n aplikasi yang dimaksud. Terlebih, apa kegunaan aplikasi itu untuk kehidupan sehari-hari. Tidak harus selalu tokoh publik. Justru, menurut dia, pengaruh persuasi dari orang terdekat lebih kuat.

Menurut Tony, pemkot harus bisa memanfaatk­an berbagai kanal untuk melakukan sosialisas­i. Bukan hanya melalui informasi di dinas atau instansi tertentu. Salah satu yang menurutnya efektif adalah melalui media sosial dan media massa.

ITS cukup rutin melakukan monitoring dan evaluasi (monev). Tahun lalu mereka mencatat ada 71 persen layanan yang sudah bisa diakses secara online. Total layanan publik yang dimiliki pemkot mencapai 282 layanan. Namun, belum ada data yang menjelaska­n partisipas­i masyarakat dalam penggunaan aplikasi online tersebut.

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? PANTAU LALIN: Sejumlah CCTV di titik-titik keramaian Surabaya kini bisa diakses warga melalui smartphone mereka.
DITE SURENDRA/JAWA POS PANTAU LALIN: Sejumlah CCTV di titik-titik keramaian Surabaya kini bisa diakses warga melalui smartphone mereka.
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia