Sportswear Gaul untuk Yang Berhijab

Jawa Pos - - MODERN WEST -

SURABAYA – Kebutuhan pakaian olahraga untuk perempuan berhijab semakin besar. Hal itu membuat Lady Tamara memiliki ide merancang sportswear khusus untuk mereka yang berhijab. Desainnya urban dan masa kini.

Mahasiswa Universita­s Ciputra jurusan fashion design and business itu menilai jenis pakaian olahraga untuk yang berhijab belum memiliki banyak pilihan. Terkadang mereka harus mix and match sendiri. Membeli pakaian olahraga konvension­al, lalu dipadukan dengan manset dan hijab. ’’Kalau yang remaja, nyari baju olahraga tertutup tapi modis kan agak sulit,’’ katanya.

Lady pun memiliki ide tersebut setelah sering mendapatka­n curhat temannya mengenai model baju olahraga muslim yang itu-itu saja.

’’Ini peluang bagus. Desainnya pun saya buat yang anak muda banget,’’ lanjutnya.

Dia mengusung tema Industrial Rustic. Tema tersebut terinspira­si tren fashion tahun ini yang identik dengan rebel youth. Dia mengaplika­sikan gaya unfinished

dan layering.

Baju olahraga rancangann­ya tidak dibuat menyatu seperti jumpsuit. Bagian atasan, bawahan, dan inner didesain terpisah. Dia menambahka­n detail stripe

kuning. ’’Idenya muncul setelah melihat police line,’’ katanya.

Untuk pembuatan baju itu, Lady hanya membutuhka­n waktu sekitar satu bulan. Dia menuturkan, kendala dalam pembuatann­ya adalah menjahit kain yang ada di sela-sela baju. Jahitan harus baik dan tidak amburadul karena itulah yang membuat nyaman penggunany­a.

Selain itu, dia terkendala pemilihan jenis kain. Sebab, tidak semua toko kain menjual jenis kain yang sesuai dengan maunya. Bahan yang digunakan terdiri atas empat jenis. Yakni, mesh fabric, ripstop, lycra, dan scuba.

’’Sengaja gunakan itu biar nyaman untuk dipakai olahraga,” ucapnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.