Jawa Pos

Cuaca Bagus, Melaut Lagi H+5

-

SURABAYA – Kesibukan terlihat di pantai Kecamatan Kenjeran kemarin (13/6). Puluhan nelayan ramai-ramai mengamanka­n perahunya. Mereka akan libur melaut selama Lebaran.

Ratusan perahu diparkir di tepi pantai. Kondisinya kosong. Semua barang di dalam kapal sudah diamankan pemiliknya. Mulai jaring, mesin perahu, sampai perlengkap­an penerangan.

’’Hari ini memang terakhir melaut. Sebagian teman-teman (nelayan, Red) sudah pulang kampung,’’ ujar Khoiri, salah seorang nelayan. Saat ditemui, lelaki berusia 45 tahun itu sedang mengemasi barang-barangnya. Dia berencana pergi ke rumah mertua di Tuban.

Khoiri menyebutka­n, ada ratusan perahu yang diparkir di tepi pantai. Semua diikat secara kuat dengan tiang. Tujuannya, agar kapal aman selama Lebaran. ’’Mungkin, saya melaut lagi pada H+5 Lebaran,’’ katanya. Menurut dia, libur para nelayan memang tidak lama. Panen rajungan sudah tiba.

Saat ini nelayan di kawasan Kenjeran memang sedang menik- mati kenaikan tangkapan. Tangkapan bertambah sejak 15 hari lalu. Dalam sehari, rata-rata nelayan bisa mendapat 6 kilogram rajungan. Selain itu, ada faktor lain yang mendorong nelayan untuk segera melaut. Cuaca di perairan cukup stabil. Kondisi ombak tidak terlalu tinggi. ’’Saat ini cocok sekali untuk mencari ikan di laut,’’ ungkapnya.

 ?? EKO HENDRI/JAWA POS ?? TIDAK LAMA-LAMA: Nelayan akan segera melaut lagi lima hari setelah Idul Fitri karena musim rajungan telah tiba.
EKO HENDRI/JAWA POS TIDAK LAMA-LAMA: Nelayan akan segera melaut lagi lima hari setelah Idul Fitri karena musim rajungan telah tiba.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia