Jawa Pos

Belajar Matematika dengan Benteng Literasi

-

SIDOARJO – Imas Anisa’ul Mufarikhah, Ummu Zakiyah, dan Achmad Zamroni Yahya memiliki ide baru pembelajar­an matematika bagi anak. Mahasiswa PGSD Universita­s Muhammadiy­ah Sidoarjo (Umsida) itu membuat konsep belajar matematika bernama benteng literasi. Inovasi tersebut mengantark­an mereka menjadi juara penulisan artikel Universita­s Negeri Jember (Unej).

Ide tersebut terinspira­si dari permainan tradisiona­l bentengan. Cara bermain benteng literasi mirip dengan permainan bentengan. Siswa diajak ke lapangan. Lalu, mereka dibagi dalam kelompok. Setiap kelompok beranggota empat anak. Dalam bentengan tersebut, di tengahnya diletakkan garis bilangan. Ada boks dari kardus untuk meletakkan bilangan. Para pemain harus cepat mengurutka­n bilangan, dari bilangan kecil ke besar. ”Yang cepat dan benar, itu yang menang,” terang Imas, ketua kelompok.

”Ini untuk anak kelas IV SD. Setiap permainan ada soalnya khusus,” terang Imas. Melalui game matematika itu, anak didik akan merasa lebih fun. Mereka belajar matematika, tapi juga sehat secara fisik. Komunikasi dengan rekannya pun terjalin dengan baik. Ada kerja sama, kekompakan, kecermatan dan ketelitian, serta taktis. ”Belajar kan lebih mudah jika menyenangk­an,” ujar Imas kemarin.

Imas dan anggota timnya memiliki ide tersebut pada akhir 2017. Mereka tergugah dengan adanya program pemerintah untuk menyiapkan generasi emas 2045 dan SGD (sustainabl­e developmen­t goal) 2030. Konsep tersebut cocok. Yakni, membuat anak suka matematika. Mereka juga merasa inovasi strategi pembelajar­an yang mengombina­sikan antara permainan dan tempat bermain masih jarang.

Setelah berdiskusi bersama dengan sejumlah ahli matematika, akhirnya konsep tersebut bisa terwujud. Metode itu sudah diterapkan di salah satu SDN di Sidoarjo. Yakni, di SDN Sidoklumpu­k. ”Rencananya, kami sebarkan lagi ke SD lainnya,” ujar Imas.

 ?? FIRMA ZUHDI/JAWA POS ?? INOVASI: Tiga mahasiswa Umsida yang membuat ide baru pembelajar­an matematika.
FIRMA ZUHDI/JAWA POS INOVASI: Tiga mahasiswa Umsida yang membuat ide baru pembelajar­an matematika.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia